tirto.id - Persebaran virus corona di Indonesia akhir-akhir ini membuat resah masyarakat. Hingga akhirnya pemerintah mengimbau untuk melakukan Social Distance atau mengurangi interaksi secara langsung dengan orang lain. Selain itu, pemerintah juga mengimbau untuk tetap di rumah, baik bekerja hingga belajar untuk memutus perkembangan virus ini.
Penyebaran corona berdampak pula terhadap kegiatan-kegiatan besar yang melibatkan banyak orang, salah satunya penundaan beberapa konser di Indonesia, salah satunya April Pop Concert. Konser musik yang diisi oleh Kunto Aji dan Maliq and The Essenstials ini direncanakan akan digelar pada 1 April 2020 di The Pallas jakarta Fairground, SCBD lot Jakarta Selatan.
Pihak promotor, Betiga Satu Rasa mengungkapkan alasan pembatalan konser ini sebagai salah satu dukungan terhadap upaya pemerintah guna mencegah penyebaran virus corona. Pembatalan konser ini telah dikonfirmasi melalui akun Instagram resmi promotor @Betigasaturasa dan akun resmi konser @Aprilpopconcert.
Sementara untuk pengembalian dana tiket atau refund akan dimulai pada tanggal 18 Maret 2020 sampai dengan 25 Maret 2020. Berikut adalah prosedur pengembalian tiket yang dilansir melalui Instagram @Betigasaturasa.
- Jika pembelian tiket dilakukan secara online melalui Visa atau Kartu Kredit maka proses refund akan dilakukan secara otomatis, tanpa diperlukan pengiriman data perbankan. Estimasi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses ini adalah 30 hingga 70 hari kerja.
- Pembelian tiket online melalui aplikasi Gotix, maka akan dilakukan proses refund secara otomatis ke rekening Gopay, dengan memerlukan estimasi waktu selama 3 hingga 7 hari kerja.
- Namun jika pembelian tiket online dibayarkan melelui transfer ATM, maka pembeli tiket harus mengirimkan email yang ditujukanke support@loket.com dengan format berikut ini: Subject : April Pop Concert - Invoice Code.
Hal yang perlu dilampirkan dalam isi email adalah Nomor order ID/Kode Booking/Invoice code, Nama Pemesan, Nomor telepon, Kategori Tiket (Presale 1/Presale 2/Regular/Promo Payday) pilih salah satu, serta jumlah tiket yang dibeli.
Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proses ini adalah 14 hingga 30 hari kerja. Refund akan diproses setelah konfirmasi data refund diterima, tidak terhitung hari Sabtu, Minggu dan libur nasional.
Pihak penyelenggara juga menyediakan nomor customer service yang dapat dihubungi bagi yang membeli tiket di tiket.com dan Gotix di +621-80600822 atau email ke support@loket.com. Yang akan melayani setiap hari Senin hingga Jumat pukul 10.00 sampai 17.00
Serta dapat menghubungi Ratna di nomor +62-878-8055-8592 bagi pembelian tiket diluar Gotix dan transfer ATM.
Penulis: Endah Murniaseh
Editor: Alexander Haryanto