Komentar Gus Ipul Jelang Debat Pilgub Jatim 2018 Tahap Pertama

Oleh: Addi M Idhom - 10 April 2018
Dibaca Normal 1 menit
Gus Ipul mengklaim tidak memiliki persiapan khusus jelang debat publik tahap pertama Pilgub Jatim 2018.
tirto.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur akan menggelar debat publik Pilgub Jatim 2018 tahap pertama pada Selasa malam, hari ini. Debat publik itu akan dimulai pada pukul 19.30 WIB dan digelar di Dyandra Convention Center, Surabaya, Jawa Timur.

Debat ini diikuti 2 pasangan calon kontestan Pilgub Jatim 2018. Keduanya ialah pasangan nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dan pasangan nmor urut 2 Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno.

Menjelang debat itu berlangsung, Calon Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyatakan berharap acara tersebut berlangsung dengan kegembiraan.

"Kami ingin proses debat yang dimulai malam nanti dilewati dengan kegembiraan," ujar Gus Ipul kepada wartawan di Surabaya, pada Selasa (10/4/2018) seperti dikutip Antara.

Gus Ipul mengklaim tak melakukan persiapan khusus untuk menghadapi debat publik tahap pertama. Tapi, dia mengaku memang bertemu dengan sejumlah kiai di Masjid Al-Akbar Surabaya di hari menjelang debat berlangsung.

"Saya bertemu kiai untuk silaturahim dan itu sangat rutin. Kalau doa bersama, bukan dalam rangka khusus untuk debat, tapi doa secara umum agar kita semua dijauhkan dari segala bahaya apa pun," kata Gus Ipul.

Debat Pilgub Jatim Disiarkan Langsung Stasiun Televisi Nasional

KPU Jatim sudah menetapkan tema pada debat publik pertama kali ini ialah Kesejahteraan Rakyat. Topik itu terbagi dalam subtema kesejahteraan bidang pendidikan, ketenagakerjaan, kesehatan, keagamaan, sosial budaya, sosial kemasyarakatan, konflik sosial dan ideologi, HAM, kebangsaan, kepemudaan serta keperempuanan.

KPU menyiapkan 4 panelis, yaitu Abdul Chalik dari UIN Sunan Ampel, Nunuk Nuswardani dari Universitas Trunojoyo Madura, Fauzan dari Universitas Muhammadiyah Malang dan aktivis antikorupsi Luthfi J Kurniawan. Sedangkan pemandu acara debat publik pertama Pilgub Jatim 2018 adalah presenter Alfito Deanova dan Anisa Dasuki.

Debat publik Pilgub Jatim tahap pertama juga disiarkan langsung oleh sejumlah stasiun televisi swasta nasional, yaitu Inews TV dan Trans Media Grup (CNN Indonesia, Trans TV dan Trans7).

KPU juga membatasi jumlah pendukung masing-masing pasangan calon yang akan mengikuti secara langsung debat publik pertama Pilgub Jatim 2018. Jumlah pendukung masing-masing pasangan calon maksimal hanya 150 yang diperbolehkan memasuki ruang debat publik.


Baca juga artikel terkait PILGUB JATIM 2018 atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Politik)

Sumber: antara
Penulis: Addi M Idhom
Editor: Addi M Idhom