Komandan Lapangan Hamas Tewas Dalam Serangan Balasan Israel

Oleh: Arbi Sumandoyo - 5 Mei 2019
Komandan lapangan Hamas tewas dalam serangan udara balasan dari Israel. Dia diduga menerima aliran dana dari Iran.
tirto.id - Hamed el-Hadary, Komandan Lapangan Kelompok Hamas tewas dalam serangan udara balasan Israel di Gaza. Selain sebagai komandan lapangan, Hamed juga sebagai orang yang bertanggung jawab menerima trasfer dana jutaan dolar dari Iran.

“Dia bertanggung jawab atas transferan uang dari Iran,” ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Israel, Emmanuel Nahshon saat berbincang dengan Tirto hari ini.

Nahson berkata, Hamed ialah kombatan yang menjadi target pertama setelah Hamas melancarkan ratusan serangan roket ke wilayah Israel Selatan sejak Sabtu pagi kemarin (4/5). Hamed diketahui menyalurkan uang transferan dari Iran yang dikirim secara rutin untuk faksi-faksi militan di Jalur Gaza.

“Iran mengirim uang secara teratur ke Hamas,” kata Nahson.

Hingga kini, serangan roket Hamas dan Jihad Islam menyasar pemukiman sipil Israel masih terus terjadi. Akibat serangan itu, ratusan ribu warga di Israel Selatan kini bertahan di pengungsian. Serangan itu juga merusak bangunan sekolah termasuk juga rumah warga di Israel Selatan.

Merespon serangan ini, Kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menginstruksikan kehadiran pasukan di sepanjang perbatasan Jalur Gaza. Israel juga mengintensifkan serangan balasan melalui jalur udara.


Baca juga artikel terkait HAMAS atau tulisan menarik lainnya Arbi Sumandoyo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Arbi Sumandoyo
Penulis: Arbi Sumandoyo
Editor: Agung DH
DarkLight