Kolombia Jadi Tim Pertama yang Lolos ke 8 Besar Copa America 2019

Oleh: Beni Jo - 20 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Raihan enam poin di Grup B mengantarkan Kolombia menjadi negara pertama yang memastikan diri lolos ke perempat final Copa America 2019.
tirto.id - Kolombia menjadi negara pertama yang memastikan diri lolos ke perempat final Copa America 2019 setelah pada pertandingan keduanya di Stadion Morumbi, Kamis (20/6/2019), Tricolor mengalahkan tim undangan Qatar dengan skor 1-0.

"Dengan hasil ini, Kolombia sudah meraih enam poin dan mengukuhkan diri sebagai pemuncak klasemen Grup B," pernyataan resmi CONMEBOL (Federasi Sepakbola Amerika Selatan), Kamis (20/6).

Enam angka sudah cukup bagi timnas Kolombia untuk menjadi negara pertama yang lolos ke 8 besar Copa America 2019. Sementara Paraguay yang berada di posisi runner-up, baru mengumpulkan dua poin. Bagi tim-tim lainnya yang juga menghuni grup yang sama, tidak mungkin bisa mengejar Kolombia lagi karena mereka akan memperoleh poin maksimal lima.

Kemenangan atas Qatar sendiri turut mengantarkan Kolombia meraih hasil tiga poin yang ke-11 kalinya ketika meladeni tim undangan dalam 13 kali pertandingan yang sudah dilalui. Dua kekalahan diderita atas Mexico pada 1997 dan Costa Rika pada 2016.

Selain itu, ini juga merupakan kemenangan tiga kali beruntun bagi Kolombia di Copa America setelah mampu menyelesaikan delapan kemenangan secara berturut-turut pada 2001 hingga 2004.

Sebenarnya, negara kuat lainnya Argentina juga ada di grup yang sama dengan Kolombia. Namun, Lionel Messi dan kolega meraih hasil buruk lagi dengan bermain seri 1-1 melawan Paraguay hingga membuat mereka baru mengumpulkan satu poin dari dua laga.

Pada pertandingan terakhir di Grup B, Kolombia akan meladeni Paraguay di Arena Fonte Nova, Bahia, Senin (24/6) pukul 02.00 WIB. Laga ini bisa menjadi kesempatan bagi tim tamu untuk memaksimalkan angka penuh demi misi mendampingi tuan rumah lolos delapan besar.

Sementara tim Tango akan menghadapi tuan rumah gelaran Piala Dunia 2022 Qatar di Arena do Gremio pada waktu yang bersamaan. Hasil duel ini bisa tidak menjadi terlalu berarti jika Paraguay mampu mengalahkan Kolombia yang diprediksi akan menurunkan lebih banyak pemain cadangannya untuk menjaga kebugaran para penggawa utama.

Argentina sendiri yang baru meraih satu angka, tetap wajib memaksimalkan laga karena hingga kini belum mampu meraih kemenangan di Copa America 2019 setelah kalah 0-2 atas Kolombia di laga pembuka.



Baca juga artikel terkait COPA AMERICA 2019 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Ibnu Azis
DarkLight