Kapal Mina Maritim 036 Terbakar di Perairan Halmahera Selatan

Sumber: Antara, tirto.id - 26 Okt 2023 10:20 WIB
Kapal Motor (KM) Inka Mina Maritim 036 mengalami kebakaran di antara perairan Pulau Doko dan Palamea Kabupaten, Halmahera Selatan, saat mencari ikan.
tirto.id - Kapal Motor (KM) Inka Mina Maritim 036 mengalami kebakaran di antara perairan Pulau Doko dan Palamea Kabupaten, Halmahera Selatan, saat mencari ikan.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara, melalui Unit Siaga Sar Bacan mendapat laporan tersebut pada Kamis (26/10/2023) sekitar pukul 08.00 WIT.

Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman mengatakan Tim Rescue USS Halsel dikerahkan dengan menggunakan Rescue Boat (RB) 309 untuk melaksanakan pencarian dan pertolongan di lokasi kejadian.

Fathur menjelaskan kronologi kejadian pada 25 Oktober 2023 sekitar pukul. 17.00 WIT, KM Inka Mina Maritim 036 dengan 15 orang berangkat dari Pelabuhan Panambuang Bacan menuju ke Rumpon di sekitar perairan antara Desa Doko dan Desa Palamea. Pukul 06.00 WIT, kapal mengalami kebakaran dan ABK menghubungi Syabandar Panambuang untuk meminta bantuan SAR.

Hingga kini, belum diketahui kondisi 15 nelayan yang menggunakan KM Maritim 036 berwarna putih-biru tersebut.

Selain menangani kebakaran, Basarnas Ternate juga menerjunkan tim SAR gabungan untuk melanjutkan operasi SAR hari ketiga dengan melakukan pencarian dua ABK Kapal LCT Modern Putra Samudera yang hilang.

Kedua korban dalam pencarian itu adalah Haliwela (41 tahun) asal Kota Ambon dan Mateos Mustamu (50 tahun) asal Kota Ambon. Mereka tenggelam saat berlayar dengan LCT Modern Putra Samudra membawa alat berat rute Pelabuhan Weda menuju Sorong, Papua Barat.

Operasi dimulai pukul 07.30 WIT, tim SAR gabungan melaksanakan pencarian di tiga area.



Baca juga artikel terkait KEBAKARAN KAPAL NELAYAN atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight