Klub-klub Serie A Sepakat Tuntaskan Liga Italia 2019-2020

Oleh: Gilang Ramadhan - 2 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Klub-klub Serie A dilaporkan telah sepakat menuntaskan Liga Italia 2019/2020 kendati pandemi virus Corona atau COVID-19 belum mereda.
tirto.id - Klub-klub Serie A dilaporkan telah sepakat menuntaskan Liga Italia musim 2019/2020 setelah melakukan voting melalui video conference pada Jumat (1/5/2020) waktu setempat. Hanya Torino dan Brescia yang menentang lanjutnya kompetisi di tengah pandemi virus Corona atau COVID-19.

Hak siar pertandingan juga menjadi bahasan di pertemuan tersebut. Otoritas kompetisi siap menggugat secara legal kepada Sky, DAZN, dan IMG apabila mereka tidak memberikan uang hak siar secara tepat waktu, terlepas dari kompetisi yang dihentikan sementara.

Kendati demikian, pemerintah Italia akan menghentikan kompetisi jika FIGC (Federasi Sepak Bola Italia) tidak dapat mengubah protokol secara tepat tentang keamanan pemain beserta staf pelatih klub.

Kejelasan kembalinya kompetisi sendiri belum ditentukan. Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte, mengumumkan bakal membuka akses publik secara bertahap mulai 4 Mei mendatang.

"Saya dapat memastikan tanggal 1 Juni restoran, bar, salon, dan tempat pangkas rambut dapat dibuka kembali. Ini adalah program bertahap, karena jelas layanan perawatan pribadi memerlukan kontak yang lebih dekat, jadi kami membutuhkan beberapa hari lagi untuk memastikan mereka dapat melakukan pekerjaan mereka dengan aman," kata Conte.


Sementara itu, Bologna, Parma, SPAL, dan Sassuolo yang berasal dari regional Emiliia-Romagna, diberikan izin untuk melakukan latihan kembali mulai 4 Mei 2020. Emilia-Romagna sendiri berbatasan dengan Lombardy, episentrum pandemi di Italia.

Akan tetapi, Parma berinisiatif untuk tetap menunda latihan dan menunggu kesepakan antara FIGC dan Serie A dengan pemerintah Italia.

Presiden FIGC, Gabriele Gravina mengisyaratkan kompetisi harus dilanjutkan, sementara Menteri Olahraga Vincenzo Spadafora beranggapan sebaliknya.

"Kami akan siap membuka komplek latihan kami dan melakukan tes, tetapi kami hanya akan memanggil kembali seluruh pemain ketika protokol kesehatan telah disepakati semua pihak," pernyataan klub Parma dikutip dari ANSA.

SPAL mengikuti langkah Parma, sementara Bologna berencana menggelar latihan kembali pekan depan. Di sisi lain, Napoli dikabarkan bakal kembali berlatih pada Senin (4/5), mengingat regional Campania terbilang sudah aman.

Beberapa liga Eropa sudah menghentikan kompetisi sekaligus memberikan gelar juara. Liga Belgia menjadi yang pertama, disusul Eredivisie Belanda, dan terakhir Ligue 1 Perancis.

Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Gilang Ramadhan
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight