KLB Demokrat: Moeldoko Jadi Ketum, Marzuki Alie Ketua Dewan Pembina

Oleh: Andrian Pratama Taher - 5 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Forum KLB Partai Demokrat menetapkan Moeldoko untuk menjadi Ketua Umum Partai Demokrat, menggantikan AHY.
tirto.id - Kongres Luar Biasa Partai Demokrat memutuskan Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko untuk menjadi Ketua Umum Partai Demokrat.

"Menetapkan pertama dari calon yang kedua tersebut atas forum berdiri maka pak Moeldoko ditetapkan menjadi ketua umum Partai Demokrat 2021-2025," kata pimpinan KLB Partai Demokrat Johnny Alen Marbun dalam acara KLB yang digelar di Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3/2021).

Sebelumnya, forum KLB menentukan kandidat pengganti ketua umum. Setidaknya ada dua nama yang diajukan sebagai ketua umum yakni Moeldoko dan mantan Sekjen Partai Demokrat Marzuki Alie.

Peserta forum lantas gaduh sehingga Jhoni memutuskan untuk melakukan voting dengan berdiri di dalam rapat KLB. Berdasarkan hasil pantauan, mayoritas peserta KLB memilih Moelodoko sebagai ketua umum pengganti Agus Harimurti Yudhoyono.

Setelah disepakati posisi Moeldoko sebagai ketua umum, Jhoni menyatakan kepengurusan AHY demisioner.

"Memutuskan pertama Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat periode 2020-2021 yang diketuai oleh Agus Harimurti Yudhoyono dinyatakan demisioner," ucap Johnny.

Selain itu, forum KLB juga meminta Marzuki Alie sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat. Mantan Ketua DPR RI itu pun mengaku siap menerima amanah tersebut setelah ditetapkan kembali sebagai kader Partai Demokrat.

"Saya minta kalau saya dipercaya sebagai Ketua Dewan Pembina maka harus disahkan dalam kongres ini," kata Marzuki Alie.

Permintaan Marzuki Alie langsung diterima oleh Johnny Allen dan para kader. Dalam acara tersebut langsung diputuskan bahwa Marzuki Ali ditetapkan sebagai Ketua Dewan Pembina.

"Memutuskan, menetapkan Ketua Dewan Pembina Demokrat dijabat Bapak Doktor Marzuki Alie," tegas Johnny Allen.


Baca juga artikel terkait KLB PARTAI DEMOKRAT atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Bayu Septianto
DarkLight