SEA Games 2019

Klasemen SEA Games 2019 Sepakbola Grup B Usai Indonesia vs Brunei

Oleh: Fitra Firdaus - 3 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil sepak bola SEA Games 2019 Grup B: Vietnam vs Singapura 1-0, Indonesia vs Brunei 8-0. Garuda Muda ada di urutan kedua klasemen di bawah Vietnam.
tirto.id - Hasil pertandingan Indonesia v Brunei yang berakhir dengan skor 8-0 dalam lanjutan Grup B cabang olahraga (cabor) sepak bola SEA Games 2019 pada Selasa (3/12) berpengaruh penting. Garuda Muda kini ada di urutan kedua klasemen Grup B, di bawah Vietnam dengan perbedaan 3 poin, dan unggul selisih gol dari Thailand.

Menjelang pertandingan terakhir Grup B SEA Games 2019, tinggal tiga tim yang bersaing untuk mendapatkan tiket lolos ke semifinal. Mereka adalah Vietnam, Indonesia, dan Thailand.

Dalam pertandingan Selasa (3/12), Thailand nyaris saja ditahan imbang oleh Laos di Stadion Memorial Rizal. The War Elephants harus menunggu hingga ujung pertandingan. Semua upaya mereka dihentikan kiper Laos, Thilavong Solasak.

Semua berubah ketika menit ke-90, tinju Solasak mengarah pada Suphanat Mueanta. Ia dengan cerdik mengirim bola melewati atas kepala para pemain belakang Laos. Masuk, Thailand memimpin. Sebaliknya, Laos hilang kendali, sehingga sekali lagi kebobolan oleh Suphanat saat injury time.

Kemenangan Thailand ini penting sehingga kini mereka memiliki total 9 angka dari 4 pertandingan. The War Elephants mengemas 12 gol dan hanya kebobolan 2 kali. Dengan perbedaan +10 gol, mereka tipis di bawah Indonesia.

Garuda Muda yang menang besar 8-0 dari Brunei dalam laga Senin (3/12) malam, memang sama-sama mendapatkan 9 angka seperti Thailand. Namun, mereka memiliki selisih gol yang lebih baik. Secara total, Indonesia memiliki +11.

Dalam pertandingan kontra Brunei, Garuda Muda sebenarnya tersendat di babak pertama. Mereka sudah unggul cepat melalui Osvaldo Haay ketika pertandingan memasuki menit ke-11. Namun, setelah itu perolehan angka Indonesia tertahan sebelum Egy Maulana Vikri menggandakan kedudukan lima menit jelang turun minum, ditambah sekali lagi Osvaldo Haay pada injury time babak pertama.

Butuh setidaknya 4 gol lagi untuk menyamai selisih gol Thailand, pasukan Indra Sjafri tampil maksimal di babak kedua. Giliran Saddil Ramdani yang membuat jarak menjadi empat angka.

Setelah Witan Sulaeman mencetak gol kelima Indonesia, Osvaldo Haay memastikan mencetak hattrick pada menit ke-71. Masih ada tambahan lagi, dari kapten Andy Setyo, dan terakhir Egy Maulana tepat 11 menit jelang bubaran.

Sementara itu, Vietnam lolos dari hadangan Singapura dengan skor tipis 1-0. Kedudukan imbang nyaris membeku hingga lima menit jelang bubaran. Ketika itu Ha Duc Chinh menanduk bola hasil tendangan sudut masuk gawang Singapura untuk memberikan tiga angka keempat The Golden Stars dalam empat laga di Grup B.

Kini, semua akan fokus ke laga terakhir pada Kamis (5/12). Ketika itu Indonesia akan menghadapi Laos, sedangkan Vietnam harus terlibat pertarungan sengit dengan Thailand, yang bisa membuat salah satu dari mereka gagal lolos.



Hasil Pertandingan Grup B SEA Games 2019 pada Selasa (3/12)

Thailand vs Laos 2-0
Pencetak Gol: Suphanat Mueanta 90 dan 90+4

Vietnam vs Singapura 1-0
Pencetak Gol: Ha Duc Chinh 85

Indonesia vs Brunei 8-0
Pencetak Gol: Osvaldo Haay 11, 46, dan 71, Egy Maulana Vikri 40 dan 79, Saddil Ramdani 49, Witan Sulaeman 68, Andy Setyo 78

Berikut ini klasemen Grup B SEA Games 2019 hingga Selasa (3/12).

Tim Main Menang SG Poin
Vietnam 4 4 +13 12
Indonesia 4 3 +11 9
Thailand 4 3 +10 9
Laos 4 1 −4 4
Singapura 4 0 −6 1
Brunei 4 0 −24 0

Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2019 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight