Klasemen Piala Asia 2019 Grup A: Thailand ke 16 Besar, India Gagal

Oleh: Fitra Firdaus - 15 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Thailand lolos ke 16 besar Piala Asia 2019 setelah menjadi runner-up klasemen Grup A. Mereka menemani tuan rumah UEA dan Bahrain.
tirto.id - Thailand berhasil lolos ke 16 besar Piala Asia 2019. Menahan imbang tuan rumah Uni Emirat Arab (UEA) dengan skor 1-1, The War Elephants mengamankan posisi kedua di klasemen Asian Cup Grup A. Sementara itu, India justru tersingkir setelah takluk 0-1 oleh Bahrain.

Dalam laga yang digelar pada Senin (14/1/2019) di Stadion Hazza bin Zayed, Thailand sempat tertinggal lebih dahulu. Menit ketujuh, UEA sudah sukses membobol gawang wakil Asia Tenggara berkat gol kedua Ali Ahmed Mabkhout sepanjang turnamen.

Namun, Thailand memastikan satu angka di laga ini berkat aksi Thitipan Puangchan empat menit sebelum babak pertama usai. Meski hanya memetik satu poin, ini sudah cukup bagi The War Elephants mendapatkan posisi runner-up Grup A.

Pasalnya, di pertandingan lain, India yang sempat membuka turnamen dengan kemenangan gemilang 4-1 atas Thailand, justru tunduk 0-1 oleh Bahrain. Gol tunggal di laga tersebut terjadi pada ujung pertandingan.

Setelah terjadi kebekuan sekian lama, upaya Hamad Al Shamsan masuk ke kotak terlarang dihentikan oleh Pronay Halder. Wasit Ilgiz Tantashev menunjuk titik putih, dan penalti Jamal Rashed membuat India hanya memiliki 3 angka dalam 3 laga.



Usai laga, Stephen Constantine menyatakan mundur dari posisinya sebagai pelatih India. Dikutip AFC, sang juru taktik menuturkan, "Saya sudah berada di sini selama empat tahun, tujuan saya sejak hari pertama adalah lolos ke Piala Asia. Saya telah melakukan hal tersebut dan saya sangat bangga dengan para pemain atas semua yang mereka berikan."

Posisi puncak klasemen Grup A ada di tangan UEA. Tuan rumah tidak pernah tumbang dalam tiga laga mereka, dengan sekali menang dan dua imbang. Sementara itu, Bahrain dan Thailand sama-sama memiliki 4 angka.

Meskipun Bahrain unggul dalam selisih gol dari Thailand, mereka kalah dalam rekor head to head. Pertemuan mereka di matchday kedua berakhir dengan kemenangan The War Elephants melalui gol Chanatip Songkrasin.

Berikut ini klasemen akhir Grup A Piala Asia 2019.

Tim Main Menang SG Poin
UEA 3 1 +2 5
Thailand 3 1 -2 4
Bahrain 3 1 +0 4
India 3 1 +0 3

Baca juga artikel terkait PIALA ASIA 2019 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus