Libur Lebaran 2021

Klarifikasi Ancol soal Terima Pengunjung meski Operasional Tutup

Oleh: Andrian Pratama Taher - 15 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
Pengelola Taman Impian Jaya Ancol menjawab kabar simpang siur soal tempat wisata tetap buka meski ada pengumuman tutup operasional hari ini.
tirto.id - Pihak pengelola Ancol menjawab kabar Ancol tetap buka meski ada pengumuman penutupan tempat rekreasi tersebut, Sabtu (15/5/2021).

Corporate Communication Manager Taman Impian Jaya Ancol Rika Lestari menegaskan Ancol tetap menutup operasional hari ini, Sabtu (15/5/2021). Mereka hanya melakukan diskresi dengan menerima pengunjung yang telanjur datang pada pagi ini.

"Saya perlu luruskan jadi sebetulnya karena itu sudah telanjur ada di area gerbang makanya kita melakukan pendekatan persuasif setelah kita berkoordinasi dan dengan pihak-pihak terkait lalu kami izinkan supaya nanti mereka bisa juga bersiap-siap mungkin waktunya tidak akan lama kita bersiap-siap karena kita akan melakukan pembersihan," kata Rika kepada reporter Tirto, Sabtu (15/5/2021).

Rika tidak merinci jumlah pengunjung yang terpaksa masuk ke Ancol hari ini. Namun, ia memastikan kalau Ancol akan tetap dalam kondisi tutup sesuai agenda pengelola. Pihak pengelola akan menghentikan operasional untuk para pengunjung sebelum pukul 12.00 WIB.

"Tadi itu memang kita berikan akses masuk dulu tetapi nanti kita batasi mereka kira-kira pukul 11 nanti kita minta untuk bergegas karena kita mau ada pembersihan secara general," kata Rika.

Rika, mewakili pihak Ancol, memohon maaf kepada para pengunjung. Ia pun mengatakan kalau para pengunjung bisa menjadwal ulang kedatangan atau meminta penggantian uang bagi para pengunjung hari ini sehingga tiket hari ini tidak hangus.

"Jadi pengunjung bisa melakukan reschedule kedatangan atau refund itu melalui ancol.com. Jadi tidak perlu khawatir dan untuk reschedule kedatangannya kami membukanya sampai 31 Juli, waktunya masih cukup panjang," kata Rika.

Di saat yang sama, Rika mengatakan, pengunjung yang ingin berkunjung ke Ancol harus membeli tiket secara daring dan memiliki KTP DKI Jakarta. Ia pun mengaku, pengunjung Ancol hanya 30 persen dari total kapasitas sekitar 120 ribu. Dalam dua hari Lebaran, jumlah kapasitas diklaim tidak melebihi 30 persen.

"Kalau hari H masih di bawah 30 persen. Itu sekitar 30.000. Nah, kemudian kalau kemarin sudah terpenuhi kuotanya sehingga pada jam 5 sore kemarin kami melakukan penutupan lebih awal gerbang Ancol," kata Rika.

Sebagai catatan, pihak Ancol menyatakan mereka menutup sementara Ancol, Sabtu (15/5/2021). Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali melakukan evaluasi kegiatan di kawasan rekreasi Ancol. "Kami akan melakukan disinfeksi seluruh area dan evaluasi penguatan penerapan protokol kesehatan di seluruh kawasan." ucap Sahir.

Penutupan tersebut dalam rangka penguatan protokol kesehatan yaitu penyemprotan disinfektan di seluruh area vital rekreasi (pantai, jalan, promenade, toilet, loket gerbang, tenan-tenan restoran dan unit-unit rekreasi di dalamnya seperti Dufan, SeaWorld Ancol, Ocean Dream Samudra, Atlantis Water Adventure, Allianz Ecopark); penambahan signage dan tali pembatas pelarangan berenang di area pantai; dan penambahan tali pembatas untuk social distancing di area promenade.


Baca juga artikel terkait LIBUR LEBARAN 2021 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Maya Saputri
DarkLight