Klaim 9 Nama Caketum Partai Demokrat Pengganti AHY Versi KLB

Oleh: Haris Prabowo - 5 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Agenda Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat untuk melengserkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan berlangsung di Deli Serdang, Sumatera Utara.
tirto.id - Salah satu politikus dan pendiri Partai Demokrat, Hengky Luntungan, mengatakan bahwa Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat untuk melengserkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan berlangsung di Deli Serdang, Sumatera Utara. Hengky adalah salah satu kader senior yang ikut dipecat oleh DPP Partai Demokrat kepengurusan AHY pada 27 Februari lalu.

KLB akan berlangsung sepanjang 4 sampai 6 Maret 2021. “Total 387 DPC yang hadir, dengan sekitar 1.500 kader,” kata Hengky saat dihubungi wartawan Tirto, Jumat (5/3/2021) pagi.

Tak hanya itu, Hengky juga mengatakan bahwa ada sembilan nama yang akan masuk ke dalam bursa Calon Ketua Umum Partai Demokrat yang baru menggantikan AHY lewat KLB. Salah satunya Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko.

“Ada sembilan nama. Hengky Luntungan, Yahya Sacawiria, Anton Rifai, Tri Yulianto, Darmizal, Moeldoko, Jhoni Allen Marbun, Marzuki Alie, dan Hasnaeni,” kata Hengky tegas.


Menurut Hengky, dari sembilan nama itu, ada lima nama yang paling berpotensi kuat menjadi calon Ketua Umum Partai Demokrat yang baru. Kelimanya adalah Jhoni Allen Marbun, Marzuki Alie, Tri Yulianto, Moeldoko, dan dirinya sendiri.

“Ini pun bisa mengerucut lagi nama-namanya,” kata dia.

Politikus dan pendiri Partai Demokrat, Damrizal mengatakan Kongres Luar Biasa (KLB) akan digelar hari ini, Jumat (5/3/2021).

KLB Partai Demokrat tetap digelar meski Damrizal dan beberapa kader lainnya telah dipecat oleh kepengurusan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) atas tuduhan terlibat gerakan kudeta. Tujuan KLB, menggantikan kepengurusan AHY dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di pucuk Partai Demokrat.

Damrizal mengklaim, sebagian besar Ketua DPD dan Ketua DPC sudah menyampaikan kesediaannya untuk hadir dalam KLB Partai Demokrat. KLB rencananya digelar di Deli Serdang, Sumatera Utara.

"Pendiri Partai, Ketua DPD dan DPC, Pimpinan Organisasi Sayap, seperti AMD, KMD, BMD dan GMD beserta pengurus di seluruh tanah air, sudah konfirmasi datang [ke KLB]. Sebab semangat dan harapan kami sama: PD harus dipimpin Ketua Umum yang kompeten, terbuka, egaliter, dan tidak semena-mena," kata Damrizal lewat keterangan tertulisnya, Jumat pagi.

Pendiri Partai Demokrat Hengky Luntungan yang menjadi salah satu inisiator KLB tersebut, saat dihubungi reporter Tirto, Jumat (5/3/2021), memastikan kegiatan tersebut akan digelar di The Hill Hotel & Resort Sibolangit Deli Serdang. Darmizal juga mengirimkan foto lokasi acara di hotel tersebut.


Baca juga artikel terkait KLB PARTAI DEMOKRAT atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Maya Saputri
DarkLight