Kilas Balik Kerjasama Oppo x FCB

Reporter: Advertorial - 9 Agu 2017 21:17 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Manusia-manusia dengan benak terbaik kerap kali berkumpul dan bekerjasama pada tempat dan waktu yang sama.
tirto.id - Sebuah peribahasa Inggris mengatakan: “Burung-burung sejenis selalu terbang dan hinggap berbarengan.” Artinya: kualitas yang sama secara alamiah akan membimbing pelbagai individu dan kelompok yang memilikinya untuk saling mendekat dan bekerjasama.

Peribahasa itu telah digunakan setidaknya sejak abad ke-16. Sukar membayangkannya peribahasa itu bisa bertahan hingga hari ini seandainya sejarah tak membuktikan bahwa hal itu benar adanya.

Eric Weiner dalam bukunya The Geography of Genius (2016), misalnya, menunjukkan bahwa manusia-manusia dengan benak terbaik kerap kali berkumpul pada tempat dan waktu yang sama; mulai dari para filsuf di Athena Kuno, seniman-seniman agung di Florence pada zaman Renaisans, musisi-musisi besar di Vienna pada awal abad ke-20, hingga para jenius era informatika di Silicon Valley.

Pada 31 Mei 2015, gaung peribahasa itu kembali terdengar. Kelab sepakbola FC Barcelona dan korporasi penghasil alat-alat elektronik OPPO, yang terutama dikenal lewat produk-produk ponsel pintarnya, resmi menjalin kerjasama. Keduanya memutuskan berkooperasi dalam pelbagai fron, mulai acara-acara (yang berkaitan dengan) sepakbola, berbagai jenis iklan, dan bahkan logo OPPO akan terlihat selama pertandingan-pertandingan di Camp Nou, markas FC Barcelona.

Sejak didirikan pada 1899, FC Barcelona alias Barça, telah meraih 24 trofi La Liga, 29 gelar juara Copa del Rey atau Piala Raja—kompetisi-kompetisi domestik terbaik di Spanyol, serta 5 piala UEFA Champions League. Selain itu, bukan rahasia jika infrastruktur, para pesepakbola, pelatih, dan staf-staf lain yang berada di bawah panji Barcelona termasuk yang terbaik di dunia.

Sementara itu OPPO telah meraih 6,6% pangsa dan menjadi satu dari empat besar produsen ponsel pintar di pasar dunia pada kuartal kedua 2016, hanya 12 tahun sejak langkah pertamanya pada 2004. Dan dari segi pertumbuhan, OPPO ialah yang paling pesat di bidangnya, dengan catatan pertumbuhan sebesar 136,6% dibandingkan kuartal sebelumnya.

Kesamaan utama antara FC Barcelona dan OPPO ialah kesuksesan.

Setahun kemudian, pada 21 Juli 2016, FC Barcelona dan OPPO mengumumkan kemitraan strategis mereka di wilayah Indonesia. Sebagaimana di tingkat dunia, keduanya juga mencatatkan keberhasilan di negeri ini. Bagi Barça, Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah penggemarnya yang terbanyak dan paling bergairah. Di sisi lain, menurut riset IDC mengenai pengiriman ponsel pintar di Indonesia pada kuartal kedua 2016, OPPO menduduki peringkat kedua dengan pangsa pasar sebesar 19%.

Salah satu buah kemitraan strategis Barça dan OPPO di Indonesia ialah ponsel-ponsel pintar edisi istimewa yang dirilis dalam jumlah terbatas. Yang pertama adalah F1 Plus FCB Edition keluaran 2016, lalu tahun ini, pada 8 Agustus, mereka akan kembali memenuhi keinginan konsumen Indonesia dengan meluncurkan F3 FCB Limited Edition berwarna merah, warna kebanggaan Barça [adv].
(tirto.id - Teknologi)

Reporter: Advertorial
Penulis: Advertorial
Editor: Advertorial

DarkLight