Key SHINee N VIXX dan Jinwon 2AM Resmi Mengakhiri Wajib Militer

Oleh: Dede Mudopar - 7 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Key SHINee N VIXX dan Jinwon 2AM resmi menyelesaikan wajib militer. Aturan ini wajib bagi pria di Korea yang berusia 18-28 tahun.
tirto.id - Tiga orang anggota grup idola Korea Selatan telah resmi mengakhiri wajib militernya pada 7 Oktober 2020, menurut laporan media Korea Soompi. Mereka adalah Key dari SHINee, N dari VIXX dan Jeong Jinwoon member dari 2AM.

Mereka dibebastugaskan tanpa harus kembali ke markas setelah cuti terakhir berdasarkan protokol COVID-19 yang diterapkan oleh kemiliteran negara tersebut.

Key atau yang bernama asli Kim Ki-bum, mendaftar wajib militer sejak Maret 2019. Dia menjadi anggota kedua SHINee setelah Onew yang menyelesaikan wajib militer pada pada 20 Juli lalu.

Kembalinya Key setelah wamil diumumkan melalui akun Instagram miliknya, @bumkeyk serta website resmi milik SHINee.

Sama dengan Key, N dan Jinwoon juga resmi mendaftar wajib militer sejak Maret tahun lalu. N yang bernama asli Cha Hak-yeon merupakan anggota VIXX pertama yang menyelesaikan wajib militer. Kembalinya dia ke grup idola naungan label Jellyfish Entertainment itu dia umumkan melalui akun Instagram miliknya @achahakyeon. Dalam unggahanya itu dia mengatakan menyemangati junior-juniornya yang belum menyelesaikan wajib militer.

“Aku kembali dengan selamat!! Itu adalah waktu yang lama dan singkat, tergantung bagaimana kamu melihatnya, tetapi itu adalah waktu yang berharga di mana saya belajar dan merasakan banyak hal. Oleh karena itu, saya akan terus menyemangati para junior saya yang masih menjalankan tugasnya dalam bela negara dan seluruh perwira angkatan bersenjata. Saya akan menjadi Cha Hak Yeon yang bekerja lebih keras.” tulis N di akun Instagramnya seperti dikabarkan Soompi.

“Terima kasih dan terima kasih telah menunggu dan mendukungku! Hormat! Sersan Cha Hak Yeon telah resmi diberhentikan pada 7 Oktober! Hormat!” ujarnya lagi.

Berbeda dengan N, Jinwoon merupakan anggota terakhir dari 2AM yang terlah menyelesaikan kewajibannya sebagai warga negara Korea Selatan.

2AM merupakan grup idola Korea Selatan di bawah naungan label JYP Entertainment yang beranggotakan Jo Kwon, Jinwoon, Seulong, dan Changmin. Mereka memulai debutnya pada 11 Juli 2008 dalam acara Music Bank yang disiarkan oleh KBS. Dalam debutnya itu mereka membawakan lagu berjudul "This Song".

Korea Selatan adalah salah satu negara yang memberlakukan wajib militer kepada warga laki-lakinya. Bagi setiap warga laki-laki di Korea Selatan yang bertubuh sehat dan berusia antara 18 hingga 28 tahun diwajibkan melaksanakan wajib militer selama kurang lebih 2 tahun, demikian seperti dilansir SBS.Com.

Undang-undang pendaftaran militer sendiri telah mengalami perubahan pada 2018. Usia maksimum seorang laki-laki Korea dapat menunda layanan wajib militer telah dikurangi dua tahun, yang awalnya 30 tahun, kini menjadi 28 tahun, dan mulai berlaku sejak 1 Agustus 2018 silam.


Baca selengkapnya di artikel "Alasan Korea Selatan Berlakukan Wajib Militer pada Warga Laki-laki", https://tirto.id/ddgp

Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Dede Mudopar
(tirto.id - )

Sumber: Antara
Penulis: Dede Mudopar
Editor: Agung DH
DarkLight