Ketahui Urutan Nonton Film Mission Impossible

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 21 Juni 2021
Dibaca Normal 2 menit
Mission Imposible berkutat mengenai aksi dari agen Ethant Hunt bersama partnernya dalam menjalankan aksi berbahaya.
tirto.id - Film Mission Imposible lebih asik ditonton secara berurutan. Kendati film ini masih dapat dipahami ceritanya pada setiap judulnya, namun menyaksikan secara berurutan bisa memberikan pandangan yang menyeluruh atas aksi yang dilakukan agen Impossible Missions Force (IMF).

Mission Imposible berkutat mengenai aksi dari agen Ethant Hunt bersama partnernya dalam menjalankan aksi berbahaya. Bahkan, aksi tersebut kadang nekat dan terasa mustahil dilakukan. Teknik penyamaran hingga pemanfaatan teknologi menjadi bagian tidak terpisahkan dalam menjalankan misi.

Mengutip laman HITC, berikut urutan menonton film Mission Imposible yang bisa diselesaikan dalam sehari:

1. Mission Impossible (1996)

Mission Impossible yang rilis 1996 menjadi film pertama yang kemudian menjadi waralaba dengan cerita berdasarkan serial tv yang tayang pada 1966-1973. Film yang disutradarai Brian De Palma ini menceritakan terbunuhnya semua tim agen IMF. Hanya Ethan Hunt yang selamat dan dia berusaha menghentikan pelakunya agar tidak sampai terulang kejadian itu di kemudian hari.

Film ini telah membukukan pendapatan lebih dari 457 juta dolar. Sementara itu, situs IMDb memberikannya rating 7,1 dari 10 dengan 396 penilaian.

2. Mission Impossible II (2000)

Mission Impossible II mendapatkan debut empat tahun usai film perdana. Pada film ini, Hunt ditugasi menemukan dan membuang senjata biokimia bernama Chimere. Penjahatnya adalah mantan agen IMF bernama Sean Ambrose. Ambrose membuat senjata biokimia untuk memulai pandemi di berbagai negara.

Penawar Chimera juga dibuat Ambrose agar nantinya bisa dijual saat pandemi sudah berlangsung. Hunt dan pacar Ambrose, Nyah, bekerja sama untuk mengamankan Chimera dan mengambil penawarnya. Aksi keduanya dikemas menarik dari tangan sutradara John Woo.

Film ini mendapatkan pendapatan lebih dari 546 juta dolar AS. Ratingnya di situs IMDb mencapai 6,1 dari 10.

3. Mission Impossible III (2006)

Selepas 6 tahun dari Mission Impossible II, film ketiganya dirilis dengan sutradara J.J Abrams. Dalam film ini muncul karakter baru yaitu Julia Meade sebagai tunangan Hunt, dan Benji selaku teknisi IMF. Pada film yang memiliki rating 6,9 dari 10 dari IMDb ini, Hunt ingin pensiun dari IMF dan hidup bersama Julia.

Sayangnya, IMF masih memerlukannya untuk menghentikan perdagangan senjata dari Owen Davian oleh MacGuffin. Meski Hunt merahasiakan pekerjaannya dari Julia, tapi Julia akhirnya terseret juga dalam kasus yang ditangani Hunt tersebut.

Rating film ini di IMDb adalah 6,9 dari 10 dengan 336 ribu penilaian. Pendapatan film dari penayangan di seluruh dunia mencapai lebih dari 398 juta dolar AS.

4. Mission Impossible: Ghost Protocol (2011)

Ghost Protocol adalah film Mission Impossible ke 4 yang terbilang sukses. Dalam kisahnya, Pemerintah AS menolak keberadaan IMF yang kerap disebut Protokol Hantu. Inilah yang membuat Hunt dan timnya bekerja sendiri tanpa bantuan.

Mereka bekerja untuk mencegah perang nuklir. Hunt dan teman-temannya mengalami banyak kendala sehingga cukup menguras emosi. Meski demikian, mereka tetap konsisten untuk tetap berhasil dalam misi.

Sutradara sinema ini adalah Brad Bird. Situs IMDb memberikan rating 7, dari 10. Pendapatannya di seluruh dunia tembus lebih dari Rp694 juta dolar AS.

5. Mission Impossible – Rogue Nation (2015)

Di tangan sutradara Christopher McQuarrie, Mission Impossibe: Rogeue Nation memberikan pendapatan lebih dari 682 juta dolar AS. Ratingnya pun cukup tinggi di situs IMDb yakni pada skor 7.4 dari 10 lewat 39 ribu penilaian.

Film berdurasi 2 jam 11 menit tersebut menceritakan tentang Hunt yang bertemu agen MI6. Keduanya menyamar di organisasi kejahatan bernama Syndicate pimpinan Haris. Haris ingin menata ulang tatanan dunia melalui berbagai serangan terorisme kejam.

Mengutip laman Collider, Hunt sempat dijebak saat ingin menggagalkan rencana Syndicate. Dia bisa meloloskan diri saat ditangkap dan mengusahakan segala upaya untuk mengalahkan Syndcate.

6. Mission Impossible: Fallout (2018)

Mission Impossible: Fallout ditangani kembali oleh sutradara Christopher McQuarrie. Dalam film berdurasi 2 jam 11 menit ini, masih menjalankan misi dari sisa-sisa organisasi Syndicate. Organisasi tersebut telah dirombak dan kini dipimpin John Lark.

Misi kali ini adalah mengamankan inti plutonium. Segala upaya dilakukan namun kebanyakan rencana yang disusun berjalan di luar dugaan. Selain itu, sosok John Lark ternyata sosok yang familier dengan Hunt dan tidak disangka sebelumnya.

Pendapatan dari film terakhir Mission Impossible ini paling tinggi dari lainnya karena mencetak lebih dari 791 juta dolar AS. Selain itu ratingnya di situs IMDb cukup tinggi pada skor 7.7 dari 10 melalui 301 ribu penilaian.


Baca juga artikel terkait FILM MISSION IMPOSIBLE atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Film)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight