Ketahui Bahan hingga Cara Membuat Masker Sendiri di Rumah

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 3 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Masker kain dapat membantu menjaga area wajah bersih, jadi itu lebih baik dari pada tidak mengenakan apa-apa.
tirto.id - Bila digunakan dengan benar, masker dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Pasalnya, debu, kotoran, bahkan kuman bisa jadi gagal masuk ke dalam tubuh akibat penggunaan masker tersebut.

Ditengah wabah COVID-19 ini, masker menjadi salah satu barang yang sulit dicari. Namun, Anda tidak perlu khawatir sebab Anda dapat membuatnya sendiri di rumah.

Anda bisa membuat sebuah masker kain sendiri meski tidak melindungi seoptimal masker kesehatan.

Akan tetapi, setidaknya masker kain dapat membantu menjaga area wajah bersih, jadi itu lebih baik dari pada tidak mengenakan apa-apa, seperti ditulis Business Insider,

Bahan dan peralatan untuk membuat masker


Melansir The New York Times, alat dan bahan yang Anda perlukan untuk membuat masker adalah sebagai berikut:

- Jarum dan benang. Anda bisa menggunakan mesin jahit jika ada.

- Gunting

- Peniti atau penjepit untuk menahan kain pada tempatnya. Jika tidak memilikinya, Anda bisa menggunakan penjepit kertas

- Kain katun 100 persen dengan ukuran 20 x 20 inci

- Empat strip kain katun untuk pengikat dengan panjang sekitar 18 inci, atau 4 tali sepatu yang bersih dan sama panjang.

Langkah dan cara membuat masker di rumah



1. Pilih sepotong kain katun yang akan digunakan, cuci dulu dan keringkan.

2. Selanjutnya, ukur dan potong kain berbentuk persegi panjang dengan ukuran 9,5 inci x 6,5 inci. Buatlah dua potong kain sebagai lapisan masker Anda.

3. Untuk ikatan kain, buat 4 potong kain tipis dengan panjang sekitar 18 inci dengan lebar tiga perempatnya.

Lipat masing-masing bagian kain dua kali dengan bentuk memanjang, lalu sekali lagi untuk menyelipkan tepi kasar di dalamnya. Jahit garis lurus di sepanjang bagian tengah. Ini akan mencegah ikatan kain dari pinggiran berjumbai.

4. Ambil satu kain persegi panjang sebagai badan masker dengan sisi luar kain menghadap Anda.

Jepit keempat ikatan masker dengan peniti satu potong persudut. Pastikan ikatan tali tersebut dikumpulkan di tengah kain sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

5. Anda juga dapat mengganti tali tersebut dengan tali elastis untuk ikatan kain, tetapi tali elastis tersebut tidak mudah dibersihkan dan siapa pun yang alergi lateks tidak dapat memakainya.

Pasang tali elastis pada lapisan kain pertama dengan mengamankan ujung-ujungnya di bagian sudut, membentuk lingkaran kecil. Pastikan tali elastis terletak di dalam perimeter kain Anda.

6. Ambil lapisan kain yang lain, tumpuk, dan sejajarkan dengan yang pertama. Sisi luar kain harus saling berhadapan, lalu dipeniti.

7. Selanjutnya, mulai jahit tepi masker lurus dari bagian tengah menuju sudut kiri dengan jarak seperempat inci di atas tepi kain.

8. Saat menjahit ujungnya, pastikan ikatan tali elastis atau kain terikat di sudut diapit oleh dua lapis kain Anda.

9. Jahit di sekeliling perimeter lapisan kain, ulangi jahitan pada bagian rentan masker Anda agar lebih kuat. Teruslah menjahit menuju titik awal, tetapi berhentilah untuk memberikan jarak sekitar 1,5 inci di setiap sudutnya. Dari lubang tersebut, keluarkan tali elastis atau tali pengikat.

10. Buat tiga lipatan secara memanjang pada masker, seolah melipat kipas kertas. Ini membantu masker menyesuaikan diri dengan wajah pemakainya. Amankan setiap lipatan dengan peniti.

11. Dengan lipatan-lipatan yang dipeniti tersebut, jahitlah juga sekeliling masker dengan jarak sekitar seperempat inci dari tepi jahitan. Lakukan dua kali, dengan jarak yang sama dari putaran pertama.

12. Selesai


Baca juga artikel terkait MASKER KAIN atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight