Menuju konten utama

Kenali Perbedaan Garansi TAM dan iBox sebelum Membeli iPhone

Garansi menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli produk Apple. Ketahui perbedaan garansi TAM dan iBox agar lebih paham tentang iPhone.

Kenali Perbedaan Garansi TAM dan iBox sebelum Membeli iPhone
Ilustrasi iPhone dari Apple. FOTO/iStockphoto

tirto.id - Garansi TAM dan iBox tentu tak asing di telinga para pencinta iPhone, tapi ternyata masih banyak orang yang belum benar-benar paham tentang perbedaan keduanya. Lantas, bagaimana perbedaan iPhone garansi TAM vs iBox?

iPhone merupakan smartphone yang dikeluarkan oleh Apple dengan desain stylish dan performa mumpuni. Sejak diperkenalkan pada tahun 2007 silam, iPhone berkembang menjadi salah satu gawai paling populer di dunia, termasuk di Indonesia.

Namun, Apple belum membuka toko fisik resminya di Indonesia seperti yang ada di Amerika Serikat, Jepang, atau Singapura. Di Indonesia, produk-produk seperti iPhone akhirnya tidak dijual secara langsung oleh Apple, melainkan melalui distributor atau reseller resmi seperti iBox.

Selain iBox, masih ada beberapa distributor Apple resmi lainnya, termasuk Digimap dan Global Danapati Niaga (GDN). Berkaitan dengan garansi, iPhone yang dibeli melalui iBox sering disebut memiliki garansi iBox. Selain itu, masyarakat juga mengenal istilah garansi TAM. Lalu, apa perbedaan garansi TAM dan iBox?

Apa Itu Garansi TAM?

Ilustrasi iPhone

Ilustrasi iPhone. FOTO/iStockphoto

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang perbedaan TAM dan iBox, kita pahami dulu apa itu garansi TAM. TAM mengacu pada PT Teletama Artha Mandiri (TAM), salah satu distributor resmi Apple di Indonesia.

TAM merupakan anak perusahaan Erajaya Swasembada, sebuah perusahaan besar yang bergerak di bidang distribusi dan ritel perangkat teknologi. Selain iPhone, TAM juga menjadi distributor berbagai merek gawai ternama lainnya.

iPhone bergaransi TAM merujuk pada iPhone yang didistribusikan oleh TAM. Artinya, iPhone ini masuk secara legal ke Indonesia melalui jaringan distribusi TAM.

Secara teknis, garansi TAM sebenarnya tidak ada karena garansi iPhone tetap berada di bawah Apple. Berdasarkan informasi dari laman resmi Apple, seluruh produk dari Apple, termasuk iPhone, mendapatkan masa garansi 1 tahun sejak tanggal pembelian.

apple store

apple store.foto/shutterstock

Hal ini juga berlaku bagi iPhone yang dibeli di iBox. Sebagai informasi, iBox adalah reseller resmi iPhone dan berbagai produk Apple lainnya. iBox dikelola oleh PT. Data Citra Mandiri yang juga bernaung di bawah Erajaya Swasembada.

Jadi, TAM dan iBox sebenarnya berada di bawah satu payung perusahaan yang sama. Lalu, bagaimana dengan garansi iBox? Seperti halnya garansi TAM, istilah garansi iBox sering digunakan untuk menyebut iPhone yang dibeli melalui iBox.

Namun, secara teknis, tidak ada istilah garansi iBox karena iPhone tetap menggunakan garansi dari Apple. Hal ini tercantum dalam laman resmi iBox yang menyatakan bahwa garansi produk adalah garansi resmi yang melekat pada produk dan diatur oleh ketentuan pemegang merek (Apple).

Perbedaan Garansi TAM dan iBox

Ilustrasi iBox

Suasana toko ritel mono-brand milik PT Erajaya Swasembada, iBox, di Central Park Mall, Jakarta, saat penjualan perdana iPhone seri X terbaru pada Jumat (14/12/2018). (ANTARA News/Arindra Meodia)

Garansi TAM iPhone dan iBox memang sering jadi pertanyaan bagi mereka yang hendak membeli produk Apple ini. Bahkan, tak sedikit yang menganggap bahwa iPhone yang asli dan baru hanya bisa dibeli secara legal melalui iBox, padahal ini adalah anggapan yang salah kaprah.

Baik iPhone dengan garansi TAM maupun iBox, keduanya sama-sama merupakan produk Apple yang legal. Tidak ada perbedaan dari segi perangkat karena produknya sama-sama resmi dari Apple, bahkan didistribusikan oleh perusahaan yang sama-sama bernaung di bawah PT Erajaya Swasembada.

Karena didistribusikan oleh Erajaya, maka iPhone bergaransi TAM dan iBox memiliki nomor model yang sama, yakni PA/A. Masa garansi kedua iPhone dari iBox dan TAM juga sama, yaitu garansi dari Apple dengan masa 1 tahun sejak tanggal pembelian.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa perbedaan iPhone TAM dan iBox adalah sebagai berikut:

  • Tempat Pembelian
iPhone bergaransi TAM umumnya dapat dibeli di banyak tempat, termasuk jaringan toko Erajaya seperti Erafone. Sementara iPhone garansi iBox merujuk pada iPhone yang dibeli melalui toko iBox, baik secara online maupun offline.

  • Harga
Meski produknya sama, iPhone bergaransi TAM dan iBox terkadang memiliki harga yang berbeda. Harga iPhone TAM pun bisa sedikit lebih murah dibandingkan dengan harga iPhone yang dijual di iBox.

  • Kemasan
Perbedaan berikutnya yang bisa terlihat dari iPhone TAM dan iBox adalah dari kemasan luarnya. iPhone garansi TAM biasanya memiliki stiker “TAM” di kardusnya, sedangkan kemasan iPhone yang dibeli di iBox tidak memiliki stiker ini.

Demikian penjelasan tentang perbedaan garansi TAM dan iBox pada iPhone. Meski sering disalahartikan sebagai dua jenis garansi yang berbeda, keduanya sebenarnya berada di bawah naungan garansi resmi Apple.

Oleh karena itu, konsumen tidak perlu ragu membeli iPhone dengan garansi TAM maupun iBox, selama perangkat tersebut dibeli dari toko atau distributor resmi dari Apple.

Baca juga artikel terkait IPHONE atau tulisan lainnya dari Erika Erilia

tirto.id - Byte
Kontributor: Erika Erilia
Penulis: Erika Erilia
Editor: Erika Erilia & Yulaika Ramadhani