Kenali Penyebab dan Gejala Lupus yang Diderita Kim Kardashian

Oleh: Yonada Nancy - 11 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Kim Kardashian didiagnosis mengidap penyakit autoimun lupus, apa saja gejala dan penyebabnya?
tirto.id - Kim Kardashian, selebriti sekaligus istri dari musisi terkenal Kanye West didiagnosis mengalami gangguan antibodi yang mengarah pada penyakit lupus.

Dilansir dari News, Kim, dalam episode pertama serial TV Keeping Up With Kardashian musim terbaru tak kuasa menahan tangis ketika dokter memvonis dirinya berpotensi besar mengidap lupus.

Dalam tes darah yang dilakukan, Kim positif mengidap artitis reumatoid atau radang sendi yang disebabkan oleh adanya gangguan antibodi.

Kim sempat menuliskan kekhawatirannya tentang sakit yang ia rasakan di akun Twitter pribadinya, “Memikirkan tentang sakit di tanganku dan apa yang bisa terjadi sangat menakutkan. Aku sangat ingin mencari tahu apa penyebabnya #KUWTK” tulis Kim pada Senin (9/9/2019).


Sebelumnya, putri dari Kris Jenner ini mengalami beberapa gejala seperti kelelahan, mual, dan pembengkakan di tangan.

“Aku merasa seperti sangat hancur berantakan. Tanganku mati rasa,” katanya.

Dari gejala tersebut Kim mengira bahwa dirinya hamil tetapi tes yang ia lakukan negatif. Selebriti berusia 38 tahun itu sadar sepenuhnya bahwa ia mengalami radang sendi dan pergi ke dokter untuk memastikannya.

“Aku merasakan ini (sakit) di tulangku. Hal itu membuatku khawatir,” sambung Kim.

Dilansir dari Healthline, lupus adalah penyakit autoimun kronis yang menyebabkan peradangan di berbagai bagian tubuh.

Penyakit autoimun sendiri merupakan suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menjai penyebab atas kerusakan sel-sel sendiri.

Organ-orang yang biasa mengalami kerusakan akibat penyakit ini antara lain sendi, kulit, jantung, darah, paru-paru, otak, dan ginjal. Penyakit ini bisa diperparah dengan adanya kerusakan organ pernaman yang dapat mengancam jiwa penderitanya.

Ada beberapa penyebab seseorang mengalami penyakit ini, seperti rokok, paparan debu silika, faktor genetik (keturunan), pengaruh hormon seperti peningkatan estrogen yang abnormal, infeksi seperti hepatitis C, dan efek samping dari pengobatan jangka panjang.

Risiko terserang penyakit ini meningkat pada wanita, orang yang berusia 15 hingga 44 tahun, berdarah Afrika-Amerika, Asia-Amerika, atau Native Amerika.

Obat untuk lupus hingga saat ini belum ditemukan. Meskipun penyakit ini berbahaya, menurut Lupus Foundation of America, setidaknya 80 hingga 90 persen penderita lupus dapat hidup menjalani hidup normal dengan perawatan lebih lanjut.

Kim Kardashian bukanlah satu-satunya selebriti yang menderita penyakit ini. Bintang pop sekaligus aktris, Selena Gomez juga menderita penyakit ini. Alumni Disney ini bahkan sempat mengalami gagal ginjal yang mengharuskannya menerima transplantasi pada 2017 lalu.


Baca juga artikel terkait LUPUS atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight