Menuju konten utama

Kemenko Perekonomian: Performa Logistik RI Peringkat 46 Dunia

Edwin Manansang mengungkapkan, performa logistik Indonesia berada pada peringkat 46 secara global dan peringkat 5 negara-negara di kawasan ASEAN pada 2018.

Kemenko Perekonomian: Performa Logistik RI Peringkat 46 Dunia
Sejumlah truk pengangkut barang antre untuk menyeberang ke Sumatera di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (1/5/2021). ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/rwa.

tirto.id - Asisten Deputi Ekonomi Digital Kemenko Perekonomian Edwin Manansang mengungkapkan, performa logistik Indonesia berada pada peringkat 46 secara global dan peringkat 5 negara-negara di kawasan ASEAN pada 2018. Angka ini menurut data World Bank terkait indikator Logistic Performance Indicator (LPI).

Sementara itu, biaya logistik di Indonesia terbilang tinggi yakni mencapai 23,5 persen dari PDB nasional pada 2019, kemudian performa logistik pada 2018 sebesar 3,15 persen.

“Angka tersebut memang lebih besar jika dibandingkan dengan negara lain seperti Singapura, Amerika hanya 8 persen, Uni Eropa dan Jepang, Korsel Cuma 9 persen,” ujarnya dikutip Antara, Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Hal tersebut menurutnya, tak lepas dari kondisi geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan, sehingga sektor logistik belum dapat bekerja maksimal dan menjadi tantangan besar bagi operator logistik.

Masalah lain yang dihadapi terkait mahalnya biaya logistik adalah pengiriman ke daerah pedesaan di luar perkotaan dan di luar pulau Jawa, kemudian terdapat masalah pergudangan serta pelaku logistik masih terfragmentasi sehingga tidak efektif dan efisien dalam operasi bisnis.

“Sekitar 70 persen pelaku usaha logistik merupakan pemain kecil dan proses gudang masih manual,” ungkapnya.

Kemudian belum optimalnya pemanfaatan truk-truk pengangkutan barang, masih banyak UMKM yang menyewa truk untuk mengirimkan truk antara kota untuk sistem 1 kali saja.

“Sehingga waktu pulangnya memakan biaya sehingga biayanya pun menjadi dua kali lipat,” paparnya.

Kemudian, kata dia, informasi terkait pengiriman, waktu pengiriman masih belum standar dan belum terintegrasi.

Untuk membantu menyelesaikan permasalahan logistik tersebut, pemerintah kata dia, menciptakan platform NLE (National Logistic Ecosystem) yang menyeleraskan arus lalu lintas barang dan dokumen internasional sejak kedatangan sarana pengangkut di pelabuhan hingga barang tiba di gudang (hinterland).

Platform NLE yang sejalan dengan Inpres nomor 5 Tahun ini memiliki tujuan meningkatkan kinerja logistik nasional, memperbaiki iklim investasi serta meningkatkan daya saing perekonomian nasional.

Baca juga artikel terkait ANGKUTAN LOGISTIK

tirto.id - Ekonomi
Sumber: Antara
Editor: Anggun P Situmorang