Kemenhub Sebutkan Lokasi Rawan Macet di Tol Trans Jawa Saat Mudik

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 30 Mei 2019
Kemenhub memetakan beberapa lokasi rawan macet di jalan tol Trans Jawa pada saat mudik Lebaran tahun ini.
tirto.id - Masa cuti lebaran segera datang dan biasanya akan diikuti dengan gelombang pemudik yang mulai melakukan perjalanan menuju kampung halaman.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memetakan beberapa lokasi rawan macet di jalan tol Trans Jawa saat mudik Lebaran tahun ini.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi mengatakan, lokasi rawan macet pertama diprediksi bakal terjadi di Plumbon mengingat pintu ini jadi akses penting bagi pemudik yang berangkat dari Jakarta menuju Cirebon.

"Karena keluar dari Jakarta ke arah Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon sampai dengan Majalengka di situ yang pertama kali. Jadi exit tol Plumbon," kata dia di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat Rabu (29/5/2019).

Titik rawan macet berikutnya, lanjut Budi, adalah gerbang tol Ciperna yang diprediksi bakal dibanjiri pemudik dari Jakarta yang menuju Cirebon, Kuningan, hingga ke Ciamis.

"Berikutnya adalah exit tol di Ciperna, nanti masyarakat yang akan keluar dari Jakarta ke Kabupaten/Kota Cirebon kemudian terus ke Kuningan kemudian di Ciamis itu juga menjadi kemungkinan yang akan banyak keluar di sana," jelas dia.

Budi menyebutkan, dengan adanya pemetaan dari Kemenhub ini diharapkan masyarakat bisa merencanakan perjalanan mudik dengan baik dan bisa terhindar dari kemacetan.



Baca juga artikel terkait MUDIK LEBARAN 2019 atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight