KBRI Sebut Satu WNI di Singapura Positif Mengidap Virus Corona

Oleh: Andrian Pratama Taher - 4 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
KBRI Singapura menerangkan, WNI tersebut tidak memiliki riwayat bepergian ke Cina, tapi dia merupakan pekerja rumah tangga dari warga negara Singapura yang positif coronavirus.
tirto.id - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura menyatakan satu warga negara Indonesia (WNI) di Singapura positif mengidap virus Corona, Selasa (4/2/2020) waktu Singapura.

"Pada 4 Februari 2020, Ministry of Health Singapura mengumumkan kasus coronavirus ke-21 di Singapura, yaitu WNI berusia 44 tahun yang bekerja sebagai pekerja migran," demikian rilis yang dikutip Tirto dari KBRI Singapura, Selasa (4/2/2020).

KBRI Singapura menerangkan, WNI tersebut tidak memiliki riwayat bepergian ke Cina. Akan tetapi, dia merupakan pekerja rumah tangga dari warga negara Singapura yang sebelumnya juga ditetapkan positif coronavirus.

Saat ini, KBRI mendapat informasi kalau WNI tersebut mendapat perawatan di Singapura.
"WNI tersebut saat ini ditangani Tim Medis Singapore General Hospital," demikian rilis tersebut.

KBRI Singapura juga telah menerima konfirmasi lisan dari Ministry of Health Singapura. Akan tetapi, pemerintah Singapura tidak merilis identitas WNI karena aturan Personal Data Protection Act.

KBRI Singapura saat ini terus berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berwenang terkait penanganan hal tersebut.

Di sisi lain, KBRI Singapura menghimbau agar para WNI tetap waspada. Mereka meminta agar para WNI mengikuti arahan pemerintah Singapura terkait virus Corona.

"Kami imbau untuk seluruh WNI yang berada di Singapura diharapkan dapat tetap waspada, menjaga kesehatan dan kebersihan, dan memperhatikan imbauan yang dikeluarkan Pemerintah Singapura melalui jalur resmi Ministry of Health https://www.moh.gov.sg/2019-ncov-wuhan,” kutip isi rilis tersebut.

Pengidap virus Corona di Singapura mencapai 24 orang. Setidaknya ada 6 kasus yang dikonfirmasi hari ini.

Dari 24 kasus tersebut meliputi 16 merupakan WN Cina yang datang dari Wuhan; 2 WN Singapura yang kembali dari Wuhan; 5 WN Singapura tanpa riwayat ke Cina belakangan ini; dan 1 WN Indonesia yang merupakan Pekerja Migran di Singapura yang majikannya dikonfirmasi terkena virus corona.

6 kasus terbaru hari ini, bila mengutip dari laman KBRI Singapura merupakan kasus pertama transmisi virus corona human-to-human di Singapura di mana keenam orang tersebut tidak memiliki riwayat berpergian ke Cina belakangan ini.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Abdul Aziz
DarkLight