Karyawan Freeport yang Dirumahkan Protes di Lokasi Debat Cawapres

Oleh: Felix Nathaniel - 17 Maret 2019
Puluhan karyawan Freeport yang dirumahkan mendatangi lokasi debat Cawapres di Hotel Sultan. Mereka ingin para kandidat mempertikan masalah ketenagakerjaan di Freeport.
tirto.id -
Puluhan karyawan PT Freeport Indonesia yang dirumahkan sejak 2017 lalu mendatangi Hotel Sultan, Jakarta, tempat digelarnya debat ketiga Pilpres 2019. Mereka berharap kepada kedua cawapres yang mengikuti debat setidaknya bisa membahas nasib pegawai PT FI yang menganggur 2 tahun lamanya.

"Kami ingin menunjukkan bahwa ada masalah ketenagakerjaan yang belum selesai. Itu saja tujuan kami. Kami ingin menunjukkan," kata Steven Eduard, anggota perwakilan karyawan PT FI yang dirumahkan di Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Mereka melakukan aksi foto bersama spanduk bertuliskan identitas mereka yang menjadi korban PT FI. Namun polisi kemudian melarang mereka melanjutkan aksi tersebut.

Steven menegaskan mereka sampai sekarang tidak menentukan pilihan kepada salah satu paslon. Namun mereka lebih berharap kepada pemangku jabatan sekarang karena Jokowi mempunyai kuasa untuk menyelesaikan masalah mereka.

"Makanya kami minta tolong masalah ini dibahas dalam debat. Kami berharap sekali," ucapnya.

Sedangkan Koordinator aksi Jerry Yarangga mengharapkan siapapun yang terpilih akan bisa menyelesaikan masalah mereka. Apalagi tema debat ketiga salah satunya adalah ketenagakerjaan.
"Nanti pemimpin yang baru atau yang lama naik lagi, janganlah terjadi hal seperti ini lagi. Ini pelanggaran kemanusiaan besar," tegas Jerry. "Jangan berpihak pada kapitalis atau korporasi."

Debat Cawapres 2019 ini mengusung tema "Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, serta Sosial dan Kebudayaan" yang akan dipandu oleh Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas sebagai moderator.




Baca juga artikel terkait DEBAT CAWAPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Agung DH