Karier Andmesh Kamaleng yang Raih Penghargaan MAMA 2019 di Jepang

Oleh: Alexander Haryanto - 4 Desember 2019
Tahun ini, Andmesh Kamaleng meraih dua penghargaan, yakni AMI Awards dan MAMA 2019.
tirto.id - Penyanyi asal Kupang, Andmesh Kamaleng meraih penghargaan Mnet Musik Awards (MAMA) 2019 di Nagoya Dome, Jepang, hari ini, Rabu, 4 Desember 2019. Ia mendapat penghargaan sebagai Best Asian Artist Indonesia.

MAMA merupakan acara musik tahunan di Korea Selatan yang diselenggarakan oleh salah satu stasiun televisi Korea, yakni Mnet. Semua artis yang dinominasikan di MAMA adalah mereka yang telah merilis album dan juga lagu dari 1 November 2018 hingga 23 Oktober 2019.

MAMA tahun ini diselenggarakan di Nagoya Dome, Jepang dan kembali dipandu Park Bo Gum yang telah menjadi pembawa acara ini selama dua tahun berturut-turut sejak 2017.

Tahun ini tampaknya menjadi tahun yang baik bagi Andmesh Kamaleng, selain meraih penghargaan MAMA 2019, ia juga meraih penghargaan sebagai Artis Solo Pria Pop Terbaik dalam Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2019.

Selain itu, lagunya berjudul "Cinta Luar Biasa" juga menjadi perbincangan usai di-cover oleh dua anggota boyband Korea NTC 127, Haechan dan Doyoung. Bahkan, hasil cover keduanya, trending di Youtube pada Selasa 29 Oktober 2019.

Lagu "Cinta Luar Biasa" memang membawa berkah bagi Andmesh Kamaleng. Sebab, setidaknya, lagu ini telah masuk dalam nominasi AMI Award 2019 untuk lima kategori. Pertama, dinominasikan sebagai Artis Solo Pria Pop Terbaik. Kedua, untuk Faisal Resi sebagai Pencipta Lagu Pop Terbaik .

Ketiga, untuk Aldi Nada Permana sebagai Penata Musik Pop Terbaik. Keempat, masih untuk Aldi Nada Permana sebagai Bidang Penunjang Produksi Produser Rekaman Terbaik. Kelima, dinominasikan sebagai Karya Produksi Terbaik-Terbaik.

Sebelum karya-karyanya memasyarakat, Andmesh, penyanyi asal Nusa Tenggara Timur (NTT) ini, memulai karier di dunia tarik suara sebagai kontestan ajang pencari bakat Rising Star Indonesia pada 2016 lalu dan terpilih sebagai pemenangnya.



Baca juga artikel terkait MAMA 2019 atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Musik)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH
DarkLight