Profil MAMAMOO: dari Debut hingga Tampil di MAMA 2019

Oleh: Nuraini Ika - 4 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sebelumnya pada MAMA 2018 MAMAMOO berhasil membawa pulang dua trofi yakni Worldwide Fan’s Choice Top 10 dan Favorite Vocal Artis.
tirto.id - Girl group Korea Selatan, MAMAMOO masuk list penampil pada panggung Mnet musik Awards (MAMA) 2019 di Nagoya Dome, Jepang.

Tahun 2019 tercatat menjadi kali kedua MAMAMOO tampil di MAMA sejak debut pada 2014. MAMAMOO pertama tampil di panggung MAMA pada 2018.

Pada MAMA 2018, MAMAMOO menyajikan aksi panggung spektakuler dari setiap anggotanya, seperti Solar yang menampilkan pole dance diiringi instrument lagu “Cleopatra”, Wheein dengan lagu “EASY”, disusul Moonbyul bersama lagu “Selfish”, dan Makne Hwasa yang sajikan lagu “Above Live” dan “Don’t”.

Selepas tampil individu, MAMAMOO kemudian tampil bersama menyanyikan kombinasi dari dua lagu mereka 2018 “Egotistic” dan “Stary Night”.

Pada MAMA 2018 girl group ini berhasil membawa pulang dua trofi yakni Worldwide Fan’s Choice Top 10 dan Favorite Vocal Artis.

Pihak Mnet mengkonfirmasi pada MAMA 2019, MAMAMOO akan menampilkan aksi panggung spesial bersama penyanyi senior Korea sekaligus CEO JYP Entertainment, Park Jin Young.

Berkecimpung di dunia musik sejak 2014, sejauh ini MAMAMOO telah menelurkan setidaknya 3 studio album, 44 musik video, 9 mini album dan 18 single.

Berikut sekilas perjalanan karir MAMAMOO mulai dari awal debut.

Debut, Imortal Song dan New Artis of The Year

MAMAMOO resmi debut pada 19 Juni 2014 di bawah naungan agensi RBW Entertainment. Digawangai 4 orang personel yakni Hwasa, Solar, Wheein dan Moonbyul MAMAMOO debut dengan album Hello dan lagu utama “Mr.Ambigus”.

Mengusung gendre musik retro, jazz, dan R&B dan vocal kuat, debut mereka dikatakan para kritikus industru musik Korea sebagai salah satu debut Kpop group terbaik 2014.

Selang beberapa bulan selepas debut, tepat 21 November 2019 MAMAMOO merilis mini album kedua bertajuk Piano Man dan berhasil masuk di 50 besar tangga Gaon Digital.

Pada tahun yang sama (2014), MAMAMOO untuk pertamakalinya tampil di kompetensi musik legenda Korea, Immortal Song 2 dengan membawakan lagu “Wait a Minute”.

MAMAMOO kemudian kembali diundang ke acara tersebut dan mereka berhasil meraih kemenangan pertamanya pada 2015 lewat lagu “Backwood’s Mountain”.

Di tahun 2015, MAMAMOO semakin menarik perhatian publik saat berhasil membawa pulang piala New Artis of the Year dari ajang musik tahunan Korea, Gaon Chart musik Awards.

Konser Solo Pertama Hingga Raih Popularitas Global

Pada 2016 agensi RBW Entertainment mengumumkan MAMAMOO 1st solo concert bertajuk 2016 Mamamoo Concert Moosical di Olympic Hall Korea. Pada kesempatan tersebut tercatat 7000 tiket terjual dalam jangka waktu satu menit.

Di tahun sama MAMAMOO merilis full album pertama bertajuk Melting dan lagu utama “You’re the Best” dan berhasil meraih trofi pertama di acara musik mingguan Korea seperti Inkigayo, musik Bank dan M!Countdown.

Pada 2017 girl group ini merilis mini album Purpel dengan lagu utama “Yes I Am” dan untuk pertamakalinya berhasil memuncak di tangga Melon realtime dan Billborad World Charts.

Four Seasons dan Reality in BLACK

Sepanjang 2018 MAMAMOO disibukkan oleh projek Four Seasons yang mana sesuai jumlah anggota groupnya MAMAMOO mengeluarkan 4 album untuk 4 musim berbeda.

Pada projek ini MAMAMOO mengeluarkan album Yellow Flower, Red Moon, Blue:S dan White Wind.

Pada projek Four Seasons, MAMAMOO juga setidaknya telah menggelar 10 konser di 5 negara berbeda termasuk Seoul, Taipei, Daegu, Yokohama, dan Osaka.

Selesai dari projek Four Seasons, MAMAMOO merilis full album ke-dua bertajuk Reality in BLACK dengan lagu utama “HIP” pada 14 November 2019 pukul 16.00 WIB.

Selain memuncaki segenap tangga musik Korea, bersama lagu “HIP”MAMAMOO untuk pertama kali berhasil duduk di tangga nomor 1 World Albums dan World Digital Song Sales. Dilansir Billboard, MAMAMOO menjadi girl group Kpop keempat yang meraih kesuksesan tersebut setelah Red Velvet, TWICE dan BLACK PINK.


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Nuraini Ika
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Nuraini Ika
Penulis: Nuraini Ika
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight