Kapten Timnas U-22 Dipastikan Absen Hingga Piala AFF 2019 Berakhir

Oleh: Hendi Abdurahman - 23 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Andy Setyo dipastikan takkan memperkuat Timnas U-22 di sisa laga Piala AFF u-22 2019 lantaran mengalami kompresi hernia.
tirto.id - Kapten Timnas U-22 Indonesia, Andy Setyo dipastikan harus absen hingga gelaran Piala AFF U-22 2019 berakhir. Pasalnya, pemain asal klub TIRA Persikabo tersebut menderita kompresi hernia saat Garuda Muda menghadapi Malaysia di babak penyisihan Grup B.

Kabar buruk tersebut dilontarkan oleh dokter tim, Syarif Alwi di sela-sela sesi latihan yang dihelat di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (23/2/2019). Lebih lanjut, Syarif mengatakan bahwa Andy membutuhkan waktu penyembuhan sekitar dua sampai tiga pekan.

“Kemungkinan sampai Piala AFF U-22 selesai tidak bisa main. Ini cedera grade satu, tapi sebetulnya dia punya kemauan buat sembuh lebih cepat,” imbuh Syarif seperti diwartakan Antara, Sabtu (23/2/2019).


Menurut Syarif, pihaknya telah melakukan terapi stem cell untuk penanganan cedera pemain berusia 21 tahun tersebut. Hal tersebut dilakukan guna memacu proses pemulihan yang seharusnya berlangsung lebih dari satu bulan menjadi 2-3 pekan.

Di sisi lain, pelatih Indra Sjafri mengungkapkan bahwa ia tak terlalu khawatir dengan tidak adanya Andy Setyo. Pelatih yang mengantarkan Timnas U-19 menjuarai Piala AFF 2013 itu mengatakan bahwa pemain lain dapat menggantikan peran yang ditinggalkan Andy.

“Kan sudah dilihat sendiri kemarin. Itu yang bikin kami senang, kualitas pemain yang kami bawa itu semuanya hampir sama,” kata Indra.

Pada laga melawan Kamboja di partai pemungkas Grup B, Indra memang memasang duet berbeda di lini belakang. Sebelumnya, Rachmat Irianto dan Andy Setyo selalu menjadi pelihan utama di lini pertahanan, akan tetapi di laga terakhir, Nurhidayat dan Bagas Adi diberi kesempatan tampil dan hasilnya cukup memuaskan.

Dalam sesi latihan Sabtu (23/2) sore, Andy Setyo tak terlihat bergabung bersama rekan-rekannya lantaran tengah menjalani sesi privat bersama fisioterapis tim di sisi lapangan.

Di babak semifinal, Witan Sulaeman dan kawan-kawan bakal menghadapi juara Grup A, Vietnam. Laga dijadwalkan bakal digelar pada Minggu (24/2/2019) di Stadion Olympic mulai pukul 15.30 WIB.


Baca juga artikel terkait TIMNAS U-22 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Ibnu Azis
DarkLight