Kapan Attack on Titan Chapter 139 Rilis & Prediksi Ending AoT

Oleh: Fitra Firdaus - 7 April 2021
Dibaca Normal 2 menit
Manga Attack on Titan (Shingeki no Kyojin) Chapter 139 rilis 9 April 2021. Prediksi ending AoT: apakah Mikasa dan Armin menemukan kebebasan seperti Eren?
tirto.id - Chapter 139 Manga Attack on Titan yang merupakan bab terakhir karya Hajime Isayama akan dirilis pada Jumat, 9 April 2021. Apa yang terjadi dalam ending AoT yang sudah tayang sejak 11 tahun lalu? Apakah Mikasa Ackerman dan Armin Arlert mendapatkan kebebasan seperti Eren Yeager?

"Majalah Bessatsu Shonen edisi Mei dijadwalkan akan rilis pada Jumat,9 April 2021. Attack on Titan, karya Hajime Isayama, fantasi gelap yang telah melampaui 100 juta kopi di seluruh dunia akhirnya selesai. Jilid terakhir (34) akan dirilis pada 9 Juni (Rabu)," keterangan resmi Bessatsu Shonen Magazine.

Sejak perilisan chapter pertama Attack on Titan "Ni Sen Nen Go no Kimi e" (9 September 2009), manga terbitan Kodansha ini memang menyedot perhatian. Berbagai penghargaan menghampiri manga yang dalam bahasa Jepang berjudul Shingeki no Kyojin ini.

Di antaranya, pemenang kategori manga shonen terbaik dalam Kodansha Manga Award ke-25 (2011). Selain itu, AoT dua kali dinominasikan untuk grand prize dalam Tezuka Osamu Bunkashō pada 2012 dan 2013.

Dari segi penjualan, pada Desember 2019 lalu, manga Attack on Titan menembus angka lebih dari 10o juta kopi. Penjualan ini diprediksi terus naik, terutama karena saat ini anime adaptasi AoT baru mencapai bagian pertama musim keempat. Rencananya, Attack on Titan: S4 part 2 akan tayang pada musim dingin 2022.

Hal lain yang menarik dari Attack on Titan adalah kisahnya yang dianggap sebagai representasi keputusasaan generasi muda dalam masyarakat saat ini.

"Di generasi mana pun, anak muda merasakan masyarakat di sekitar mereka sebagai 'tembok'. Tidak aneh jika generasi saat ini juga demikian, dan pada saat yang sama, merindukan dunia di luar 'tembok'," kata kritikus Tomofusa Kure kepada Asahi Shimbun.


Sinopsis Manga Attack on Titan


Attack on Titan mengisahkan petualangan tiga sahabat, yaitu Eren Yeager, Mikasa Ackerman, dan Armin Arlert. Seperti kebanyakan orang yang tinggal di Pulau Paradis, mereka didoktrin untuk percaya sebagai adalah satu-satunya kelompok umat manusia yang tersisa dari ancaman titan. Seluruh rakyat berupaya agar Titan tidak menjebol dinding dan melahap mereka.

Pada masa kecil, Eren Yeager menyaksikan sang ibu dilahap oleh titan murni. Atas dasar itulah ia berniat untuk membalas dendam dengan melenyapkan semua titan. Untuk itulah dia berniat masuk ke dalam Survey Corps, pasukan pengintai yang selama ini sering berhadapan dengan titan.

Setelah kematian sang ibu, Eren disuntik serum titan oleh sang ayah, Grisha Yeager. Eren berubah jadi titan, lantas memangsa sang ayah. Akibatnya, Eren mewarisi 2 dari 9 jenis Titan yang diturunkan oleh garis keturunan Ymir, yaitu Shingeki no Kyojin (Attack Titan) dan Shiso no Kyojin (Founding Titan).

Belakangan, seiring dengan keterlibatan Eren, Mikasa, dan Armin di Survey Corps, mereka mulai menyadari doktrin yang selama ini didengung-dengungkan tidaklah benar. Orang-orang Pulau Paradis adalah keturunan bangsa Eldia.

Eldia dahulu menguasai tanah Marley berkat kekuatan 9 Titan (Kokonotsu no Titan). Namun, konflik internal Eldia, di samping kebangkitan Marley, membuat situasi berbalik. Marley mulai menguasai satu demi satu Kokonotsu no Titan. Raja Karl Fritz yang memimpin Eldia kemudian membawa sebagian besar bangsanya ke Pulau Paradis untuk mencegah kemusnahan massal Eldia.

Sementara itu, bangsa Eldia yang tinggal di Liberio menjadi budak bagi Marley. Semua keturunan Eldia dicap sebagai iblis oleh Marley. Orang-orang Eldia yang tinggal di Liberio pun didoktrin untuk menganggap sesama bangsa Eldia yang ada di Paradis sebagai iblis.

Setelah semua masa lalu terkuak, kini Pulau Paradis hanya punya 2 pilihan, yaitu menunggu kemusnahan mereka oleh Marley, atau berperang demi menyelamatkan eksistensi mereka.

Eren memilih cara kedua, dengan menyerbu Liberio dan menyantap War Hammer Titan. Marley melakukan serangan balasan dengan menyerang Paradis.

Eren kemudian melakukan rumbling, memerintahkan ribuan Titan dinding untuk menghancurkan umat manusia dengan kemampuan Founding Titan miliknya. Marley dan Eldia akhirnya bersatu untuk mengalahkan Eren.

Dalam Chapter 138 Attack on Titan, ketika sebagian besar orang sudah berubah menjadi titan murni, Mikasa dan Levi Ackerman dibantu Falco Grice menyerang Eren. Mikasa mengambil keputusan untuk memenggal kepala Eren dengan harapan segala tragedi akan terhenti.

Prediksi Attack on Titan Chapter 139


Keputusan Mikasa untuk memenggal Eren sebenarnya adalah bentuk pembebasan dirinya. Selama ini klan Ackerman tunduk buta terhadap sosok yang dianggap sebagai 'tuan' bagi mereka.

Selain itu, Mikasa sendiri mencintai Eren, dan bisa jadi memenggal kepala adalah langkah terbaik baginya untuk membuat Eren menyempurnakan kebebasan yang ia cari.

Dalam perjalanannya di Path, Eren bertemu dengan Ymir. Menurut Zeke, Eren adalah sosok yang paling mengerti Ymir. Selama ini Ymir terlihat hanya bisa menangis, marah, dan menampilkan ekspresi wajah lain yang tidak kalah memilukan.

Namun, dalam Chapter 138, saat kepala Eren terpenggal, Ymir tampak tersenyum. Dengan latar belakang Ymir yang merupakan budak kaum Eldia, kekuatan Titan yang dimiliki keturunannya, yang lantas disalahgunakan dengan penindasan bangsa lain oleh Eldia, jelas menyakitkan.

Kematian Eren akan mengakhiri tragedi panjang selama 2.000 tahun yang dirasakan Ymir. Dengan usainya "kutukan" titan, ada kemungkinan orang-orang yang sebelumnya berubah jadi titan seperti Jean Kirstein, Connie Springer, hingga Gabi Braun kembali seperti semula.

Chapter 139 manga Attack on Titan yang tayang secara legal pada Jumat, 9 April 2021 dapat dibaca melalui Crunchyroll atau di Comixology.

Total 5 chapter terakhir AoT, sejak Chapter 135 hingga 139, akan dibukukan dalam Volume 34 Shingeki no Kyojin yang dirilis pada 9 Juni 2021.

Baca juga artikel terkait ATTACK ON TITAN atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Film)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight