Jadwal Attack on Titan Final Season (S4) Part 2: Tayang Winter 2022

Oleh: Fitra Firdaus - 29 Maret 2021
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal anime Attack on Titan: Final Season (S4) part 2, mulai Episode 76, tayang pada musim dingin (winter) 2022.
tirto.id - Anime Attack on Titan: Final Season (Season 4) bagian kedua akan tayang pada musim dingin (winter) 2022. Jadwal terbaru AoT ini diumumkan bertepatan dengan rilis Episode 16 Shingeki no Kyojin S4 "Tenchi" pada Senin, 29 Maret 2021 dini hari.

"Episode 76 anime TV Attack on Titan: The Final Season berjudul "Danzai" akan disiarkan di NHK General TV musim dingin ini. Video pengumuman khusus ditayangkan setelah akhir episode 75," keterangan laman Shingeki.tv.

Pengumuman ini menjawab pertanyaan soal bagaimana anime Attack on Titan akan diselesaikan. Pasalnya, hingga Episode 16 Season 4, anime tersebut baru mengadaptasi sampai Chapter 116 manga Shingeki no Kyojin karya Hajime Isayama.

Manga Shingeki no Kyojin sendiri berjumlah 139 chapter. Bab terakhir manga tersebut akan dirilis pada April 2021. Dengan demikian, masih tersisa 23 chapter yang belum diadaptasi ke versi anime. Maknanya, AoT Final Season part 2 akan merampungkan adaptasi tersebut, dari Chapter 117 hingga 139.

Sebuah musim anime Attack on Titan dipisahkan menjadi 2 bagian bukan hal baru. Sebelumnya, anime Attack on Titan Season 3 juga dipisahkan. Bagian pertama, sejumlah 12 episode dari Episode 38 hingga 49 adalah adaptasi arc Uprising (chapter 51-70). AoT Season 3 bagian pertama ini tayang di Jepang pada 23 Juli hingga 15 Oktober 2018.

Sementara itu bagian kedua, sejumlah 10 episode dari Episode 50 hingga 59 adalah adaptasi Return no Shiganshina (Chapter 71 hingga 90). AoT Season 3 bagian kedua ini tayang di Jepang pada 29 April hingga 1 Juli 2019.

Anime Attack on Titan mengisahkan petualangan Eren Yeager, Mikasa Ackermann, dan Armin Arlert, tiga sahabat yang terjun sebagai anggota Survey Corps. Dari pengalaman menghadapi titan, satu demi satu misteri soal tempat kelahiran mereka, Pulau Paradis terkuak.

Selama ini rakyat Pulau Paradis didoktrin bahwa mereka adalah satu-satunya umat manusia yang selamat dari ancaman titan. Namun, kenyataan justru sebaliknya. Bangsa Eldia yang tinggal di Paradis sebenarnya diasingkan oleh Raja Karl Fritz dari kemungkinan dimusnahkan oleh Bangsa Marley.

Bangsa Eldia dahulu menguasai dunia, menjajah Marley, dengan menggunakan kekuatan Kokonotsu no Titan (9 Titan). Namun, konflik tiada henti di dalam Eldia sendiri, akhirnya membuat bangsa tersebut mengalami kemunduran besar.

Sebaliknya, Marley dengan memanfaatkan orang-orang Eldia di Liberio, menguasai satu demi satu Kokonotsu no Titan. Mereka juga terus memantau Paradis, menganggap orang-orang Eldia sebagai iblis yang layak direndahkan dan diinjak-injak.

Di dalam diri Eren Yeager, ia memiliki 2 dari 9 Titan. Yang pertama, Attack on Titan yang didapatnya setelah memakan sang ayah, Grisha Yeager. Kedua, Founding Titan yang diperoleh Grisha Yeager setelah memakan Frieda Fritz.

Latar waktu AoT Final Season adalah 4 tahun sejak Survey Corps berhasil mendapatkan kembali wilayah Shiganshina.

Menyadari bahwa Paradis terancam oleh Marley, Eren Yeager yang bisa berubah jadi Shingeki no Kyojin menyerang Liberio. Di sana ia memakan Lara Tybur, sehingga mendapatkan War Hammer Titan (Titan Palu Perang).

Serangan Eren ini adalah bagian dari strategi Zeke Yeager, kakak tirinya, atau anak Grisha Yeager ketika masih ada di Liberio. Namun, Zeke sendiri sebenarnya punya rencana yang hanya dibagi dengan orang-orang terdekat, tentang euthanasia rakya Eldia.

Di sisi lain, setelah serangan Eren ke Liberio, Marley melihatnya sebagai ancaman yang sangat serius. Di kubu Paradis, ada Eren yang memiliki 3 kekuatan titan, Zeke yang dapat menjadi Beast Titan, dan Armin Arlert yang bisa berubah jadi Colossus Titan.

Sementara itu, di kubu Marley, ada Pieck Finger yang dapat menjadi Cart Titan, Porco Galliard yang bisa berubah sebagai Jaw Titan, dan Reiner Braun sebagai Armored Titan. Annie Leonhart (Female Titan) masih membeku dalam bentuk kristal.

Dengan posisi Eren yang bisa menjadi Founding Titan dan dapat melakukan rumbling, sebagian penduduk Paradis melihatnya sebagai sosok penyelamat. Mereka membentuk kelompok Yeagerist dan bercita-cita membangun Kekaisaran Eldia Baru.

Dalam Episode 16 AoT: Final Season, kondisi di Paradis penuh konflik, karena siapa saja bisa mengkhianati siapa pun. Situasi memburuk karena Pieck Finger berhasil menyusup dan "menyandera" Eren Yeager. Hingga akhirnya, bala bantuan untuk Pieck datang.

Bukan cuma Jaw Titan yang muncul, tetapi juga pasukan Marley yang datang dengan kapal udara dan peralatan tempur canggih, bagai ingin membalas kekalahan mereka di Liberio.

Eren Yeager berubah jadi Attack Titan, dan siap bertarung dengan para Titan yang ada di kubu Marley.


Jadwal Attack on Titan: Final Season Part 2


Sepanjang bagian pertama Attack on Titan: Final Season terdapat 16 episode yang merupakan adaptasi Arc Marley (Chapter 91 hingga 116). Jika melihat polanya, setiap episode baru akan berisi adaptasi gabungan 2 chapter manga AoT.

Jika bagian kedua AoT Season 4 mengikuti bagian pertamanya, maka masih akan ada sekitar 12 episode untuk penutup versi anime Shingeki no Kyojin

Seluruh episode dalam anime Attack on Titan hingga Season 4, termasuk episode 16 (episode 75 secara keseluruhan), dapat ditonton melalui iQIYI. Tersedia takarir (subtitle) dalam bahasa Indonesia, Vietnam, Malaysia, Thailand, Inggris, hingga Mandarin sederhana dan tradisional

Semua episode anime Attack on Titan (Season 1, Season 2, Season 3, hingga S4) dapat ditonton dengan kualitas 240P, 360P, atau 720P. Member VIP iQIYI dapat menyaksikan anime ini dengan kualitas 1080P dan tanpa iklan.

AOT FINAL SEASON (S4) BAGIAN 1 SUB INDO STREAMING iQIYI

Baca juga artikel terkait ATTACK ON TITAN atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Film)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight