Kain Waring di Kali Item Dicopot, Anies: Itu untuk Tangani Polusi

Oleh: Alexander Haryanto - 16 November 2018
Dibaca Normal 1 menit
Awalnya, kain waring itu dipasang di Kali Sentiong atau Kali Item untuk mengurangi bau tidak sedap.
tirto.id - Kain waring di Kali Sentiong atau Kali Item di samping Wisma Atlet Kemayoran sudah dicopot. Awalnya kain tersebut digunakan sebagai solusi mengurangi bau tidak sedap dalam menghadapi Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan pencopotan kain waring itu atas sepengetahuan dirinya. Pasalnya, kata Anies, hal itu bertujuan untuk menangani polusi.

"Pencopotan ini karena akan ada pemasangan 'sheet pile' (dinding tetap) sebelum dilakukan pengerukan. Sebagai langkah untuk bisa menangani polusi airnya," kata Anies di Jakarta, Jumat (16/11/2018), seperti dikutip Antara.

Apabila masalah bau tak sedap itu sudah diselesaikan, Anies berharap, warga tidak lagi mencium bau. Namun, bukan karena ditutupi kain waring, tapi karena airnya sudah bersih.

Ia mengaku sudah memberikan instruksi kepada Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta agar menangani masalah polusi di sungai tersebut. Salah satunya, kata Anies, dengan cara memantau pembuangan sisa kegiatan produksi di daerah sekitarnya.

"Sumber-sumber polutannya yang harus dikelola, jangan jadikan sungai itu tempat pembuangan sisa-sisa kegiatan produksi. Misalnya tahu tempe ampasnya dibuang ke sungai," ungkap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Ia mengaku banyak mendapatkan laporan banyaknya sampah berukuran besar yang menumpuk saat hujan.

"Saya menemukan langsung kasur besar sekali, itu repot buangnya cari tempat sampah susah. Nah polusi itu bukan hanya bau tapi juga polusi yang sifatnya cair dan solid, itu jadi penanganan kami," ucapnya.

Kain waring yang dipasang Pemprov DKI untuk menutup Kali Sentiong atau Kali Item saat perhelatan Asian Games dan Asian Para Games itu sudah dicopot pada Kamis (15/11).

Alasan pencopotan itu, kata Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Teguh Hendarwan, karena pihaknya akan melanjutkan penataan sungai itu.



Baca juga artikel terkait PENUTUPAN KALI ITEM atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: antara
Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight