tirto.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta memperkirakan jumlah penumpang yang tiba di Jakarta pada arus balik libur panjang atau long weekend Isra Miraj, cuti bersama, dan Tahun Baru Imlek 2025, mencapai 37.579 orang per hari ini, Rabu (29/01/2025).
“Puncak arus balik pada periode libur panjang 24–29 Januari 2025 diperkirakan terjadi pada hari ini, Rabu, 29 Januari 2025. Sebanyak 37.579 penumpang tiba di Jakarta pada hari ini,” terang Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko dalam keterangan resminya, Minggu (20/01/2025).
Secara rinci, total dari jumlah penumpang yang tiba di Jakarta per hari ini dari Stasiun Gambir sebanyak 13.003 penumpang, Stasiun Pasar Senen sebanyak 14.165 penumpang, dan Stasiun Jatinegara, Jakarta Kota, Bekasi, Cikarang, Karawang, dan Cikampek sebanyak 10.411 penumpang.
Secara total, lanjut Ixfan, selama periode libur panjang ini, volume penumpang yang tiba di stasiun-stasiun Daop 1 Jakarta mencapai 185.948 penumpang, atau rata-rata 30.825 penumpang per hari dengan rincian Stasiun Gambir sebanyak 59.394 penumpang; Stasiun Pasar Senen sebanyak 67.508 penumpang; Stasiun Jatinegara sebanyak 21.745 penumpang; dan stasiun lainnya di wilayah Daop 1 Jakarta sebanyak 37.301 penumpang.
Sementara itu, volume keberangkatan penumpang dari Jakarta pada hari ini, Rabu (29/01/2025), masih tergolong tinggi dibanding hari biasa. KAI mencatat Sebanyak 26.798 penumpang berangkat dengan rincian Stasiun Gambir sebanyak 8.136 penumpang (dengan 36 perjalanan KAJJ); Stasiun Pasar Senen sebanyak 10.950 penumpang (dengan 33 perjalanan KAJJ); dan stasiun lainnya di wilayah Daop 1 Jakarta sebanyak 7.712 penumpang.
Selama periode libur panjang 24 hingga 29 Januari 2025, adapun jumlah perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang dioperasikan ialah sebanyak 411 perjalanan, atau rata-rata 69 perjalanan per hari.
“Kapasitas tempat duduk yang tersedia mencapai 222.873 tempat duduk (rata-rata 37.146 per hari), dengan tingkat okupansi 87,8 persen,” jelas Ixfan.
Kemudian, jumlah tiket yang terjual selama periode libur panjang 24-29 Januari 2025 sebanyak 195.735 tempat duduk atau rata-rata 32.622 per hari. Lalu, terdapat sisa tempat duduk tersedia pada 29 Januari 2025 yakni sebanyak 10.947 tempat duduk atau 23 persen dari total 37.382 tempat duduk.
Selama periode 24–29 Januari 2025, terdapat total penumpang yang melakukan keberangkatan dari wilayah Daop 1 Jakarta adalah sebanyak 195.735 orang. Lalu, penumpang tiba di wilayah Daop 1 Jakarta sebanyak 184.948 orang.
“Puncak arus mudik: 25 Januari 2025 dengan 38.396 penumpang. Puncak arus balik: 29 Januari 2025 dengan 37.579 penumpang,” imbuhnya.
Ixfan menambahkan, KAI juga menyampaikan permohonan maaf atas gangguan perjalanan kereta api akibat luapan air di jalur kereta api pada Km 32+5/7 antara Stasiun Karangjati dan Stasiun Gubug, Kabupaten Grobogan, lintas Semarang–Surabaya.
“Jalur ini ditutup sementara sejak Jumat, 24 Januari 2025 pukul 22.25 WIB demi keselamatan perjalanan,” ujarnya.
Gangguan ini menyebabkan keterlambatan beberapa kereta api yang tiba di wilayah Daop 1 Jakarta, di antaranya:
1. KA 77F Pandalungan, Jember – Gambir, tiba pukul 07.14, terlambat 149 menit;
2. KA 3 Argo Bromo Anggrek, Surabaya Pasarturi – Gambir, tiba pukul 07.37, terlambat 137 menit;
3. KA 63 Sembrani, Surabaya Pasarturi – Gambir, tiba pukul 08.52, terlambat 227 menit;
4. Plb 185B Blambangan, Surabaya Pasarturi – Pasar Senen, estimasi keterlambatan 246 menit;
5. Plb 219A Kertajaya, Surabaya Pasarturi – Pasar Senen, estimasi keterlambatan 158 menit.
Ixfan menambahkan bahwa keselamatan adalah prioritas utama KAI. Oleh karena itu, jalur terdampak ditutup sementara agar dapat dilakukan upaya penanganan secara intensif. KAI telah mengerahkan ratusan petugas prasarana, alat berat, dan material pendukung lainnya untuk mempercepat pemulihan jalur.
Dia menuturkan, penumpang yang terdampak diberikan layanan pengembalian tiket secara penuh atau reschedule perjalanan tanpa biaya tambahan. Selain itu, service recovery disediakan bagi penumpang yang mengalami keterlambatan sesuai ketentuan.
“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan ini. KAI terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mempercepat penanganan di lokasi terdampak,” pungkas Ixfan.
Penulis: Nabila Ramadhanty
Editor: Andrian Pratama Taher