Kader Demokrat Ancam Keluar Koalisi Usai Ucapan Prabowo di Debat

Oleh: Felix Nathaniel - 13 April 2019
Ardi Mbalembout mengancam akan keluar dari koalisi usai Prabowo salahkan presiden sebelumnya saat Debat Ke-5 Pilpres 2019.
tirto.id - Anggota Divisi Hukum dan Advokasi Partai Demokrat Ardi Mbalembout mengancam di depan awak media partainya akan keluar dari koalisi Prabowo-Sandiaga.

Ardi menyampaikan hal itu di pintu masuk Golden Ballroom Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

"Sampaikan Pak AHY [Agus Harimurti Yudhoyono] kita keluar dari koalisi. Gue Ardi Mbalembout. Kita keluar dari koalisi," kata Ardi di lokasi.

Pernyataan Ardi terjadi saat rehat Debat Kelima Pilpres 2019. Dalam debat, Prabowo Subianto sempat menyalahkan presiden sebelum Joko Widodo soal industrialisasi.

Pada saat yang bersamaan, Ketua Divisi Ardi, Ferdinand Hutahaean keluar dan menghampiri. Menurut dia, Ardi protes bukan perkara dalam debat. Dia protea karena tak diizinkan masuk oleh KPU. Namun kemarahannya menyasar ke koalisi.

Ferdinand lantas keluar dari ruang debat. Dia mengaku keluar karena sakit perut dan ingin tidur.

"Mau tidur kita. Sakit perut," kata Ferdinand.

Momen keluarnya Ferdinand bertepatan pada saat istirahat segmen kedua debat. Sebelum jeda istirahat ini calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto sempat mengatakan kebijakan ekonomi salah arah.

"Jadi saya tidak menyalahkan Bapak, karena ini kesalahan besar, kesalahan besar presiden-presiden sebelum bapak, kita semua harus bertanggung jawab. Benar, itu pendapat saya," kata Prabowo.

Ketika ditanya wartawan perihal pernyataan Prabowo tersebut, Ferdinand menjawab tidak jelas. "Presiden California kali," ucapnya lagi.


Debat ini mempertemukan paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Debat terakhir kali ini bertema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, dan industri dan digelar sehari sebelum masa tenang Pemilu 2019 dimulai.

Empat stasiun TV yang menayangkan debat kelima kali ini yaitu TVOne, ANTV, Berita Satu, Net TV, dengan moderator debat dipandu oleh Balques Manisang dan Tomy Ristanto.


Baca juga artikel terkait DEBAT PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight