Menuju konten utama

KA Bandara Soetta Masih Belum Beroperasi Akibat Longsor

Kejadian longsor ini berimbas pada terganggunya jalur kereta api (KA) Bandara Soetta yang lokasinya terletak 5 meter dari titik longsor.

KA Bandara Soetta Masih Belum Beroperasi Akibat Longsor
Longsor di Jalan Perimeter Selatan, Bandara Soekarno Hatta (05/02/2018). Instagram/ polisi_bandara_soekarnohatta.

tirto.id -

Kereta Bandara Soekarno Hatta (Soetta) masih belum beroperasi setelah longsor di underpass jalan perimeter KM 8+6/7 jalur Bandara Soetta-Batuceper.

Curah hujan yang tinggi pada Senin (5/2/2018) pukul 18.10 WIB telah mengakibatkan longsor di underpass perimeter jalur Bandara Soetta-Batuceper.

Kejadian longsor ini berimbas pada terganggunya jalur kereta api (KA) Bandara Soetta yang lokasinya terletak 5 meter dari titik longsoran.

Tiga perjalanan KA Bandara Soekarno-Hatta masih belum beroperasi akibat longsor tersebut, yakni KA dengan nomor perjalanan 7157 tertahan di Stasiun Bandara Soetta, KA 7156 dan KA 7160 tertahan di Stasiun Batuceper.

Oleh karena itu, PT Railink sebagai operator Kereta Bandara Soetta menyarankan masyarakat untuk mengalihkan moda transportasi menuju Bandara Soetta dan untuk sementara waktu tidak menggunakan KA Bandara Soetta.

"PT Railink selaku operator perjalanan KA Basoetta menyampaikan permohonan maaf atas kejadian longsoran yang mengakibatkan gangguan pada perjalanan KA ini," ujar Humas PT Railink Diah Suryandari melalui keterangan tertulis yang diterima Tirto pada Selasa (6/2/2018).

Demi keselamatan dan keamanan perjalanan, untuk sementara waktu selama normalisasi terhadap daerah longsoran berlangsung, perjalanan KA Bandara Soetta dibatalkan.

"Perjalanan KA Bandara Soetta kembali normal, jika lokasi sudah dinyatakan aman untuk dilintasi KA Bandara dan akan kami informasikan lebih lanjut," ucapnya.

Diah melanjutkan bagi calon penumpang yang perjalanannya mengalami pembatalan dapat meminta pengembalian pembayaran tiketnya dengan cara mengirim email ke info@railink.co.id dengan subject "Refund KA Bandara Batal Berangkat", kemudian menyertakan data sebagai berikut:

1. Kode booking
2. Jam keberangkatan
3. Relasi keberangkatan
4. No telp/alamat email
5. No rekening dan bank

"Atau dengan datang langsung ke stasiun dan menghubungi petugas di bagian informasi," kata dia.

Baca juga artikel terkait LONGSOR atau tulisan lainnya dari Shintaloka Pradita Sicca

tirto.id - Sosial budaya
Reporter: Shintaloka Pradita Sicca
Penulis: Shintaloka Pradita Sicca
Editor: Maya Saputri