K-Pop Arena Akan Dibangun di Seoul Korea Selatan pada 2024

Oleh: Maria Ulfa - 9 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Selain dibangun untuk lokasi konser, K-Pop arena ini juga akan menampilkan hall of fame K-Pop.
tirto.id - K-Pop Arena akan dibangun di Seoul, Korea Selatan pada tahun 2024 untuk menarik lebih banyak wisatawan asing, hal ini disampaikan langsung oleh pemerintah kota pada Rabu (9/1/2019).

Pemerintah Kota Seoul meluncurkan rencana besarnya untuk membangun kompleks fasilitas kebudayaan di dekat Stasiun Changdong di Subway Line nomor 1 di Dobong-gu. Rencananya, K-Pop arena di Seoul ini akan memiliki 18.400 kursi penonton.

Proses perencanaan dan pembangunan dijadwalkan akan dimulai pada September 2020, dibiayai oleh dana pribadi sebesar 599,4 miliar won atau sebesar 535 juta dolar AS.

Selain dibangun untuk lokasi konser, K-Pop arena ini juga akan menampilkan hall of fame K-Pop, kemudian ruang teater dan aula pertunjukan yang bisa menampung 2.000 orang.

"Seoul Arena akan menggelar lebih dari 90 pertunjukan skala besar setiap tahun dan bersama dengan festival K-pop, konser oleh musisi asing, upacara penghargaan musik dan berbagai acara akan diadakan juga di sana," kata seorang pejabat pemerintah kota, seperti dikutip The Korea Times.

Hal tersebut didasari pada pendapat para ahli yang mengatakan, Korean Wave yang dihasilkan oleh K-Pop dan K-Drama dapat mengubah penggemar luar negeri menjadi konsumen produk-produk yang diproduksi Korea Selatan.

Selain itu, K-pop sendiri telah mendapatkan tempat di hati penggemar secara global, tidak hanya di Asia, tetapi telah merambah hingga Amerika Serikat, Amerika Latin, dan Eropa dalam beberapa tahun terakhir.

Akan tetapi, dengan pengaruh K-Pop yang besar tersebut, aula atau konser hall yang ada di Korea Selatan dianggap belum memadai, karena kebanyakan pertunjukan musik, festival musik K-Pop atau ajang penghargaan musik justru dilakukan di Olympic Gymnastics Arena atau Stadion Jamsil, yang notabenenya adalah fasilitas olahraga.

Menurut pemerintah setempat, rencana untuk mengadakan konser di Seoul oleh musisi asing, termasuk Madonna, dinilai gagal karena kekurangan tempat yang dapat menampung setidaknya 20.000 orang.

"Sementara K-Pop berada dalam sorotan global, infrastruktur negara harus mendukung popularitasnya. Kami berharap Seoul Arena bisa membantu K-pop semakin mengamankan daya saing global," tutup pejabat tersebut.


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Maria Ulfa
Editor: Dipna Videlia Putsanra