Jokowi Unggul Hasil Quick Count Pilpres KedaiKOPI Pukul 15.52 WIB

Oleh: Iswara N Raditya - 17 April 2019
Pasangan calon presiden (calon presiden) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul dalam hasil quick count sementara lembaga survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) terhitung pada pukul 15.52 WIB.
tirto.id - Pasangan calon presiden (calon presiden) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul dalam hasil quick count sementara lembaga survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) terhitung pada pukul 15.52 WIB.

Dengan total data masuk mencapai 50,00 persen, pasangan Jokowi-Ma'ruf tercatat memimpin dengan 53,00 persen. Mereka meninggalkan pasangan capres dan cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang mencapai 47,00 persen.

Dengan demikian, terdapat perbedaan 6 persen antara pasangan nomor urut 01 dan nomor urut 02. Meskipun demikian, data yang masuk dalam penghitungan cepat KedaiKOPI belum mencapai 100 persen.

Sementara itu, lembaga survei Poltracking Indonesia, dengan cakupan data masuk mencapai 52,30 persen, menempatkan Jokowi-Ma'ruf di posisi memimpin. Mereka menguasai 56,47 persen. Pasangan nomor urut 02 hanya mendapatkan 43,53 persen, terhitung pada pukul 15.00 WIB.

Pilpres 2019 diikuti Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin diusung oleh koalisi 11 partai politik; 9 di antaranya adalah partai yang sudah berpartisipasi pada pemilihan legislatif 2014, yaitu PDI-P, Partai NasDem, PKB, Partai Golkar, PPP, Partai Hanura, PKPI. Jokowi didukung dua partai baru, yakni Perindo dan PSI.

Pasangan Prabowo-Sandiaga diusung Partai Gerindra, Partai Demokrat, PAN, PKS dan satu partai baru Partai Berkarya.

Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Politik)

Reporter: Ibnu Azis & Fitra Firdaus
Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH