STOP PRESS! Indonesia Berniat Beli Pesawat Amfibi dan Helikopter Rusia

Jokowi Pastikan Proyek GBK Rampung November 2017

Reporter: Ratna Yuliana Ratnasari
02 Desember, 2016 dibaca normal 1 menit
Jokowi Pastikan Proyek GBK Rampung November 2017
Presiden Joko Widodo meninjau renovasi venue akuatik di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (2/12). Presiden optimistis renovasi kompleks GBK yang akan menjadi venue Asian Games 2018 tersebut akan selesai pada November 2017. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari.
tirto.id - Proyek renovasi Stadion Gelora Bung Karno (GBK) sebagai salah satu venue utama Asian Games 2018 dipastikan akan selesai tepat waktu. Pernyataan itu disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo saat meninjau beberapa venue cabang olahraga di kompleks Stadion GBK Jakarta pada Jumat (2/12/2016) pagi ini.

Antara melaporkan, mantan Gubernur DKI itu tiba di lokasi proyek GBK Pintu IV pada sekitar pukul 08.15 WIB. Dengan memakai pakaian warna putih yang disingsingkan lengannya dan celana hitam, Presiden berkeliling singkat di area utama Stadion GBK.

Sebelum memasuki area, ia sempat memeriksa contoh kursi penonton yang akan digunakan di stadion nantinya. Setelah meninjau area utama Stadion GBK, Presiden meninjau lokasi venue aquatic yang terletak tidak jauh dari lokasi stadion utama.

"Ini yang kita sebut penataan kawasan kota, habisnya Rp3,5 triliun. Jadi ada misalnya ini di GBK Istora kemudian yang kolam renangnya yang aquatic kemudian basket, softball, baseball semuanya," katanya.

Ia berharap seluruhnya akan rampung pada November 2017. “Progressnya sampai sekarang sudah pada hampir 11 persen,” ujarnya.

Presiden menambahkan, renovasi GBK sekaligus akan memperkuat dan menambah ruang terbuka hijau di Kota Jakarta.

"Ya nanti akan memperkuat ruang terbuka hijau kota," katanya.

Penataan kawasan Gelora Bung Karno itu, diakui Presiden Jokowi akan memperkuat ruang terbuka hijau, dan terhubung dengan stasiun besar kereta api massal Mass Rapid Transit (MRT), yang terletak di dekat hutan kota, demikian informasi yang dilansir dari setkab.go.id.

Pada kesempatan itu Presiden didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

Sebagaimana diketahui, agenda peninjauan proyek yang dilakukan Jokowi hari ini bersamaan dengan aksi demo dan doa bersama di wilayah Monumen Nasional Jakarta. Aksi itu dimulai pukul 08.00 WIB hingga diakhiri salat Jumat berjamaah.

Aksi doa bersama masih terkait dengan proses hukum terhadap Gubernur nonaktif DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang dituduh menistakan agama.

Sejak pukul 05.00 WIB, suasana di sekitar Monas dan Istana Merdeka hingga Jalan Veteran Jakarta Pusat telah dipenuhi peserta aksi doa bersama yang sebagian besar mengenakan pakaian berwarna putih.

Jalan dan akses menuju Istana Merdeka pun telah ditutup dan dialihkan serta dijaga pasukan keamanan dipagari dengan kawat berduri.

(tirto.id : rat/rat)

Keyword