Jokowi Klaim Wapres JK Mau Bergabung di Tim Kampanyenya

Oleh: Lalu Rahadian - 12 Agustus 2018
Jokowi mengaku sudah berbicara langsung kepada Wapres JK membahas tawaran agar politikus senior Golkar itu bergabung dalam tim kampanyenya.
tirto.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) telah bersedia untuk bergabung ke dalam tim kampanye pemenangannya di Pilpres 2019. Akan tetapi, Jokowi belum mengungkapkan posisi yang akan ditempati JK dalam tim kampanye tersebut.

Jokowi mengaku sudah berbicara dengan Wapres JK ihwal tawaran agar politikus senior Golkar itu turut mengambil bagian dalam tim kampanye nasional di Pilpres 2019.

"Kan dari saya itu penentuan ketua tim di saya. Ya (JK bersedia) saya sudah berbicara dengan beliau kok," ujar Jokowi di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, pada Minggu malam (12/8/2018).

Nama JK memang disebut-sebut akan menjadi bagian dari tim kampanye nasional untuk pemenangan pasangan Jokowi dan Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Akan tetapi, hingga hari ini, Wapres JK belum menyampaikan pernyataan secara terbuka mengenai kesediaannya menjadi bagian dari tim kampanye Jokowi-Ma'ruf.

Susunan tim kampanye nasional Jokowi-Ma'ruf direncanakan selesai dibentuk maksimal 3 hari ke depan. Komposisi tim kampanye itu akan diisi perwakilan partai pendukung, relawan, generasi milenial, perempuan dan buruh.

Susunan final tim kampanye nasional itu akan disampaikan langsung oleh Jokowi dan Ma'ruf. Tim kampanye Jokowi-Ma'ruf akan melibatkan perwakilan dari semua partai anggota Koalisi Indonesia Kerja.

Menurut rencana, akan ada 11 direktorat di dalam tim itu. Salah satu direktorat akan khusus menangani relawan dari seluruh Indonesia. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengklaim tim kampanye Jokowi-Ma'ruf akan lebih ramping dan fungsional, namun tetap terkonsolidasi.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Lalu Rahadian
(tirto.id - Politik)

Reporter: Lalu Rahadian
Penulis: Lalu Rahadian
Editor: Addi M Idhom