Jokowi Dorong Ilmuwan Riset Soal Perubahan Sosial

Oleh: Alexander Haryanto - 9 Agustus 2017
Dibaca Normal 1 menit
Jokowi meminta para ilmuwan menyiapkan mode pembangunan sosial yang tepat agar perubahan-perubahan tersebut tidak merusak masyarakat Indonesia.
tirto.id - Pemerintah mendorong para ilmuwan untuk melakukan riset tentang perubahan sosial akibat dampak dari kemajuan teknologi, khususnya di bidang informasi. Hal itu diutarakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka acara Sebelas Maret International Conference on Business, Economics, and Social Sciences (SMICBES) di Hotel Best Western Premier Hotel, Solo, Jawa Tengah.

"Sekarang kita harus menyiapkan kerangka kebijakan baik bidang ekonomi, bidang politik, maupun di bidang sosial yang bisa digunakan untuk mengantisipasi perubahan-perubahan yang tadi saya sampaikan," kata Jokowi, dikutip dari Antara, Rabu (9/8/2017).

Jokowi juga meminta para ilmuwan untuk menyiapkan mode pembangunan sosial yang tepat agar perubahan-perubahan tersebut tidak merusak masyarakat Indonesia.

Presiden percaya kemajuan teknologi dapat dikelola dengan baik serta membawa dampak positif bagi pembangunan bangsa dan negara.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengatakan saat ini telah terjadi perubahan sosial akibat adanya kemajuan teknologi yang dapat digunakan secara instan melalui internet maupun telepon pintar.

Kemajuan teknologi, itu menurut Presiden, juga memungkinkan adanya perubahan dalam penyebaran ideologi termasuk ideologi radikal ataupun ideologi kekerasan yang sangat cepat.

"Banyak teroris yang belajar sendiri dari media sosial, kemudian menjadi teroris lone wolf yang tidak bergabung dengan sebuah organisasi," kata Presiden.

Baca: Telegram, "Barang Panas" Baru Favorit Teroris

Untuk itu, Presiden ingin agar para ilmuwan sosial meneliti dampak dari penggunaan kemajuan teknologi yang mempengaruhi struktur tataran sosial di masyarakat Indonesia.

Jokowi mencontohkan riset-riset yang dapat dilakukan para ilmuwan itu antara lain mempelajari isu di media sosial dan dampak maupun reaksi sosial hingga kepada metode pembelajaran di kelas-kelas di perguruan tinggi.

"Dengan menyiapkan sejak dari awal antisipasi berbagai perubahan itu, maka saya yakin ilmu-ilmu sosial akan memberikan kontribusi yang sangat besar bagi kemajuan bangsa kita Indonesia," ujar Presiden.

Baca juga artikel terkait ILMUWAN INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Alexander Haryanto
Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight