Jokowi di Depan Bankir: Jangan Khawatir Pemilu Agak Panas Biasa

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 30 Nov 2023 10:08 WIB
Presiden Joko Widodo meminta para bankir dan pengusaha tidak perlu khawatir dengan pesta demokrasi yang akan digelar pada 2024.
tirto.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para bankir dan pengusaha tidak perlu khawatir dengan pesta demokrasi yang akan digelar pada 2024. Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri pertemuan tahunan Bank Indonesia, di Grha Bhasvara Icchana, Kantor Bank Indonesia, Rabu (29/11/2023) malam.

"Tahun depan kita akan mengadakan pemilu, pesta demokrasi terbesar. Tapi perlu saya ingatkan tidak perlu dikhawatirkan. Kita, negara kita ini sudah berpengalaman mengadakan pemilu enggak sekali dua kali, sudah lima kali," kata Jokowi.

"Jadi perbedaan, agak hangat, agak panas ya biasa, perbedaan pilihan itu juga wajar saja," lanjut Jokowi.

Jokowi mengingatkan, Indonesia merupakan negara yang cinta damai. Dia optimistis pemilu bisa dilewati dengan baik. Tidak hanya itu, dia juga mengajak semua pihak untuk bersatu dalam pemilu mendatang.

"Yang kita tahu semuanya bangsa kita ini, bangsa Indonesia ini bangsa yang cinta damai, bangsa yang suka bersatu, bangsa yang senang harmonis. Marilah kita bersatu untuk Indonesia Maju," kata Jokowi.

Untuk diketahui, KPU telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.





Baca juga artikel terkait PEMILU 2024 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight