Johnny Plate Pastikan Masih Jadi Menteri di Kabinet Jokowi

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 5 Jan 2023 16:16 WIB
Meski belum mundur, Plate menegaskan penentuan menteri tetap menjadi wewenang Jokowi.
tirto.id - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate memastikan dirinya masih menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju. Hal itu menjawab kabar soal Plate yang menjabat Sekjen Partai Nasdem itu akan mundur dari kursi menteri.

"Mengingat informasi terkait dengan tugas kami sebagai Menkominfo RI yang telah beredar secara luas di masyarakat khususnya dalam media sosial maka dapat kami sampaikan bahwa hingga saat ini kami masih melaksanakan tugas dan fungsi yang dipercayakan oleh bapak Presiden sebagai anggota kabinet Indonesia Maju," kata Plate dalam keterangan, Kamis (5/1/2023).

Meski belum mundur, Plate menegaskan penentuan menteri tetap menjadi wewenang Jokowi. Hal tersebut adalah wewenang Presiden sebagai bagian konstitusi. Plate pun menyerahkan semua kepada presiden.

"Kami percaya dan yakin bahwa setiap partai politik di Indonesia memahami, memaklumi dan menjaga hak Konstitusional Prerogative Rights President tersebut," kata Plate.

Plate mengajak publik untuk menjaga informasi agar informasi disampaikan secara akurat.

"Marilah kita bersama menjaga agar informasi yang didistribusi dan ditransmisikan kepada masyarakat terlebih dahulu harus dikonformasi agar akurasinya dapat dipertanggung jawabkan dan demi mencerdaskan masyarakat," tutur Plate.

Kabar Plate mundur sebagai menteri muncul saat rencana Presiden Joko Widodo ingin merombak atau reshuffle kabinet, terutama dari Partai Nasdem. Ada tiga menteri dari Nasdem saat ini di Kabinet Indonesia Maju, yaitu Johnny G Plate sebagai Menkominfo, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.



Baca juga artikel terkait RESHUFFLE KABINET atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Bayu Septianto

DarkLight