Jelang Timnas U-19 Indonesia vs Jepang: Egy & Todd Siap Tampil?

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 27 Oktober 2018
Dibaca Normal 1 menit
Egy dan Todd mengalami cedera saat Timnas U-19 Indonesia berhadapan dengan UEA, namun kondisi keduanya tidak parah.
tirto.id - Sehari menjelang pertemuan Timnas U-19 Indonesia vs Jepang di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10/2018), belum ada kepastian mengenai kemungkinan tampilnya Egy Maulana Vikri dan Todd Rivaldo Ferre. Namun, ada indikasi keduanya bakal bisa dimainkan lantaran Egy maupun Todd tak mengalami cedera parah.

Egy mengalami cedera otot paha di pertengahan babak kedua laga tersebut. Pada menit 68, ia lantas ditandu ke luar lapangan dan digantikan oleh Muhammad Raffi Syaharil. Sementara Todd mendapat perawatan di penghujung laga usai terlibat benturan dengan pemain lawan.

Dokter Timnas U-19 Indonesia, Ifran Akhmad pun menyatakan segala kemungkinan bisa saja terjadi. Keduanya memang sedang dalam situasi cedera, namun jika kondisi membaik maka Egy maupun Todd sangat mungkin bermain.

"Keduanya mengalami cedera ringan, bukan cedera serius. Soal bermain apa tidak, kami masih melakukan observasi. Kalau Egy mengalami masalah otot paha, sedangkan Todd ada masalah pada betisnya namun cuma memar," tuturnya seperti dikutip Goal.

Tenaga Egy dan Todd jelas dibutuhkan dalam duel kontra Jepang. Pasalnya, laga kali ini bakal sangat menentukan dua hal sekaligus, yakni kepastian tampil di semifinal serta Piala Dunia U-20.

Egy merupakan salah satu tumpuan Garuda Nusantara dalam beberapa turnamen besar, termasuk Piala AFC U-19 kali ini. Pada fase grup sendiri, ia telah mencatatkan satu gol serta satu assist.

Sedangkan Todd yang baru masuk ke skuat Garuda Nusantara sejak Piala AFF 2018 tahun ini tampil tak kalah ciamik. Ia sudah mencatatkan tiga gol, yang seluruhnya terjadi dalam duel kontra Qatar, Minggu (21/10/2018).


Timnas U-19 Indonesia sukses memastikan satu tiket untuk tampil di babak 8 besar Piala AFC U-19 2018 setelah keluar sebagai runner-up Grup A. Saddil Ramdani menyudahi tiga pertandingan penyisihan dengan dua kemenangan dan sekali kalah.

Sementara itu, Jepang menantang Indonesia dangan capaian lebih mentereng. Mereka finis sebagai juara Grup B setelah menyudahi tiga laga dengan kemenangan 100 persen.

Meski tak diunggulkan, kubu Indonesia akan tetap berupaya sekeras mungkin. Target Indonesia di kompetisi ini sendiri adalah mencapai setidaknya babak semifinal.

"Kami sudah punya game plan untuk melawan Jepang, informasi mengenai mereka juga sudah dikumpulkan. Kami tidak akan terpaku pada satu pemain Jepang, karena yang main nanti akan ada 11 orang," tegas pelatih Timnas U-19 Indonesia, Indra Sjafri.

Kickoff pertandingan Timnas U-19 Indonesia vs Jepang dijadwalkan Minggu (28/10/2018) pukul 19.00 WIB. Jika tak ada perubahan, laga ini akan disiarkan langsung RCTI.


Baca juga artikel terkait PIALA AFC U-19 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
DarkLight