Jelang Piala Sudirman 2019: Tim Indonesia Mencoba Lapangan Guangxi

Oleh: Oryza Aditama - 18 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
“Atlet lebih fokus ke coba arena pertandingan, kenali kondisi lapangan, arah angin dan sebagainya,” terang Achmad Budiharto, Chef de Mission Tim Indonesia.
tirto.id - Tim Indonesia berkesempatan mencoba arena pertandingan yang bakal digunakan untuk gelaran Piala Sudirman 2019, di Guangxi Sports Center, Nanning, Cina, pada Jumat pagi (17/5/2019) waktu setempat.

Achmad Budiharto selaku Chef de Mission Tim Indonesia mengungkapkan jika semua akan fokus mencoba arena pertandingan serta sebisa mungkin mengenali detail kondisi lapangan, seperti arah angin dan sebagainya. Sedangkan para pelatih akan mulai mengatur simulasi untuk menentukan komposisi line-up yang tepat untuk laga yang sesungguhnya.

“Hari ini atlet lebih fokus ke coba arena pertandingan, kenali kondisi lapangan, arah angin dan sebagainya. Sedangkan pelatih mulai mensimukasikan kira-kira siapa yang akan diturunkan nanti,” terang Achmad Budiharto, seperti dikutip dari laman PBSI, Jumat (18/5/2019).

Pria yang juga menjabat sebagai Sekjen PP PBSI tersebut pun menambahkan jika line-up tim Indonesia yang bakal diturunkan pada pertandingan perdana, baru akan dipastikan pada H-1 laga. Biasanya para pelatih, manajer, serta kapten tim akan menggelar briefing untuk menentukan komposisi line-up.

“Untuk line-up pemain, belum ada omongan dengan pelatih dan manajer, biasanya H-1 akan ada briefing dan di situ akan ditentukan bersama kapten tim juga. Dalam briefing itu selain menentukan line-up, kami juga akan membahas perkiraan calon lawan yang akan turun,” imbuhnya.

Achmad Budiharto juga menekankan agar tim Merah Putih senantiasa memasang kewaspadaan tinggi dan jangan lengah sedikitpun, meski baru menghadapi laga penyisihan grup. Mengingat pengalaman Piala Sudirman edisi 2017, dimana Indonesia mesti menelan kenyataan pahit usai tersingkir di babak grup.

“Menghadapi Inggris dan Denmark, kita tidak bisa main-main, mengacu pengalaman dua tahun lalu, itu pengalaman yang kurang baik buat kami. Walaupun kami saat itu tidak main-main dan kondisinya memaksa kami untuk tidak bisa tampil full team,” ujarnya.

Dalam ajang Piala Sudirman 2019, tim Indonesia tergabung dalam Grup 1B bersama Inggris dan Denmark. Laga pertama melawan Inggris akan digelar hari Minggu (19/5/2019), sementara menghadapi Denmark pada Rabu (22/5/2019). Laga tim Merah Putih di kejuaraan Piala Sudirman tahun ini, rencananya juga bakal disiarkan langsung oleh TVRI.


Baca juga artikel terkait PIALA SUDIRMAN 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Oryza Aditama
Editor: Fitra Firdaus