Jelang Bulan Ramadan, Ribuan Warga Bantul Lakukan Tradisi Padusan

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 5 Mei 2019
Berkunjung ke kolam renang atau sumber mata air bersama keluarga jelang Ramadhan untuk mandi, sudah menjadi tradisi disebagian besar masyarakat Bantul, Yogyakarta.
tirto.id - Ribuan warga dari berbagai wilayah di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, merayakan padusan atau tradisi membersihkan diri di sumber mata air maupun wahana kolam renang, sehari menjelang bulan Ramadan 1440 Hijriah.

Pemilik salah satu wahana kolam renang di Bantul Dyah Heningtyas Noviani mengatakan sudah menjadi rutinitas setiap tahun sehari menjelang puasa, wahana air selalu dipadati pengunjung mulai dari anak-anak hingga dewasa.

"Pengunjung pada padusan sampai dengan siang ini (pukul 13.00 WIB) sudah sekitar tiga ribuan orang, ramainya biasanya jam 14.00 WIB ke atas," katanya seperti dilansir dari Antara, Minggu (5/5/2019).

Dia mengatakan, berkunjung ke kolam renang atau sumber mata air bersama keluarga jelang Ramadhan untuk mandi, sudah menjadi tradisi disebagian besar masyarakat Bantul.

Sebab sebagian masyarakat masih memaknai tradisi itu sebagai bagian dari mensucikan diri untuk menyambut puasa.

"Prinsipnya padusan sebelum Ramadan itu sebenarnya adalah mandi bersih karena itu disunnahkan jelang Ramadan, jadi dibersihkan badan dan rohaninya menyambut kegiatan di bulan suci Ramadan," katanya.

Ia juga mengatakan, meskipun hari libur sehari jelang puasa, namun tiket masuk pengunjung kolam renang ini tidak ada kenaikan tarif yaitu sebesar Rp15 ribu per orang.




Baca juga artikel terkait RAMADHAN 2019 atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Hard News)

Sumber: Antara
Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH