Liga Champions

Jelang Barcelona vs Lyon, Valverde Ragukan Kebugaran Dembele

Oleh: Beni Jo - 13 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Daripada berspekulasi apakah dapat memainkan Dembele, Valverde pilih fokus mencari penggantinya.
tirto.id - Pelatih Barcelona Ernesto Valverde mengungkapkan keraguannya terhadap kondisi terakhir Ousmane Dembele jelang laga Barca vs Lyon pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Ia mengaku akan lebih fokus untuk mendapatkan pengganti terbaik bagi penyerang asal Perancis itu.

"Saya tidak terlalu memikirkan apakah [Ousmane] Dembele akan bermain atau tidak, saya lebih fokus untuk mendapatkan pengganti yang terbaik," tutur Valverde kepada Marca dikutip Rabu (13/3).

Pelatih berusia 55 tahun tersebut masih meragukan kondisi dari pemain yang sudah mencetak dua gol serta satu assist untuk Barcelona di Liga Champions 2018/2019 ini. Jika Dembele belum fit, maka Valverde siap untuk tidak menurunkannya.

"Kami akan melihat bagaimana kondisinya dan kemudian kami akan memutuskan. Jika dia tidak dalam kondisi bagus untuk diturunkan, maka dia tidak akan bermain [melawan Lyon]," tambah pelatih yang sudah mempersembahkan tiga gelar untuk Barca berupa trofi La Liga 2017/2018, Copa del Rey 2017/2018, dan Piala Super Spanyol 2018.

Dembele sendiri mengalami cedera usai menjalani pertandingan melawan Rayo Vallecano, Sabtu (9/3). Pada laga yang digelar di Stadion Camp Nou tersebut, dirinya baru diturunkan pada menit ke-46 menggantikan Arthur. Barca pun akhirnya menang 3-1 usai bermain imbang 1-1 pada babak pertama.

Sementara itu, mengenai lawan yang akan dihadapi pada laga kedua ini, Valverde cukup mewaspadai kecepatan dari para pemain Lyon. Di lini depan, sang tamu memiliki Moussa Dembele dan Memphis Depay.

Hasil 0-0 pada pertemuan pertama membuat kedua tim kini mempunyai peluang yang sama untuk lolos perempat final Liga Champions 2018/2019. Maka, gol tandang akan menjadi perhitungan yang cukup menentukan pada laga kali ini.

"Mereka [Lyon] memiliki pemain-pemain yang sangat cepat dan mereka akan mencoba memanfaatkannya. Mereka tahu nilai dari gol tandang dan kami harus mematahkan alur serangan mereka," pungkas Ernesto Valverde.

Pada pertandingan kali ini, pelatih yang menangani Barca sejak 2017 itu sudah menyiapkan 20 pemainnya. Di lini depan, trio Luis Suarez, Lionel Messi, dan Coutinho kemungkinan akan menjadi pilihan utama bagi Blaugrana dalam usaha mereka membobol gawang tim tamu.

Sementara pada sektor pertahanan, diprediksi duet Gerard Piqué dan Samuel Umtiti bisa menjadi tembok tebal serta siap menjaga mistar gawang mereka yang kemungkinan akan tetap dikawal oleh Ter Stegen sebagai kiper utama.

Berikut ini daftar 20 pemain Barcelona dalam laga melawan Lyon pada Kamis (14/3).

Marc-André Ter Stegen
Nélson Cabral Semedo
Gerard Piqué
Ivan Rakitic
Sergio Busquets
Coutinho
Arthur
Luis Suárez
Lionel Messi
Ousmane Dembélé
Jasper Cillessen
Malcom
Clément Lenglet
Jeison Murillo
Jordi Alba
Kevin Prince Boateng
Sergi Roberto
Arturo Vidal
Samuel Umtiti
Carles Aleñá


Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Ibnu Azis