Liga Champions

Prediksi Barcelona vs Lyon UCL 2019: Duel Dua Tim Tak Terkalahkan

Oleh: Wan Faizal - 13 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Tuan rumah lebih berpeluang lolos dalam prediksi Barcelona vs Lyon di 16 besar Liga Champions pada Kamis (14/3/2019). Namun, seperti Barca, tim tamu belum terkalahkan di Eropa musim ini.
tirto.id - Pertandingan Barcelona vs Lyon akan berlangsung di Stadion Camp Nou, Kamis (14/3/2019) pukul 03.00 WIB, dalam leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2018/2019. Laga diperkirakan akan berjalan sengit karena kedua tim sama-sama belum terkalahkan dalam kiprahnya di Eropa musim ini.

Nuansa panas semakin terasa ketika pada laga pertama lalu kedua tim hanya bisa bermain imbang 0-0 di Stadion Groupama, markas Lyon. Itu artinya, segalanya masih bisa dipertaruhkan di laga kedua ini. Peluang tetap ada bagi Lyon terutama jika mereka bisa mencetak gol tandang terlebih dahulu untuk membuat Barcelona makin "berkeringat".

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, menyatakan bahwa persiapan timnya untuk melakoni laga ini sudah sangat matang. Berkaca pada nasib PSG dan Real Madrid yang sudah lebih dahulu tersingkir, Valverde menekankan pada anak buahnya untuk tidak menganggap remeh Lyon yang kini sudah kembali diperkuat Nabil Fekir.

“Beberapa tim besar sudah tersingkir dan segalanya bisa terjadi dalam sepakbola. Kami tahu bagaimana kemampuan Lyon. Mereka punya para pemain tangguh, terutama di barisan gelandang dan depan. Tapi kami sudah siap melakukan pekerjaan kami, terlebih ada banyak dukungan dari suporter kami,” tegas sang pelatih dikutip situs resmi UEFA.

Valverde beruntung karena catatan El Barca di laga kandang Liga Champions musim ini terbilang bagus. Dari tiga kali bermain di fase grup, mereka sukses meraup dua kemenangan dan satu seri yakni ketika ditahan imbang Tottenham Hotspur di laga terakhir.

Sementara bagi Lyon, mereka ingin tetap memelihara peluang lolos ke perempat final. Tidak mudah tentu mewujudkannya ketika harus bertandang ke markas Barcelona.

Namun Bruno Genesio menegaskan bahwa timnya akan tetap berusaha untuk lolos ke 8 besar. Di fase grup Lyon sudah pernah mengalahkan Manchester City di Stadion Etihad sehingga segala kemungkinan masih tetap terbuka disini.

“Kami harus bermain seperti biasa dan dengan kebebasan. Kami tahu bahwa tidak mudah bermain melawan Barcelona namun kami sudah pernah menumbangkan tim kuat lain seperti City. Lolosnya Ajax (atas Real Madrid) juga memberi kami keyakinan tambahan,” ujar Genesio dikutip UEFA.

Kondisi Tim Terkini

Kedua tim tidak mengalami masalah berarti dalam hal kondisi kebugaran pemain. Tak ada pemain yang mengalami cedera serius atau pun absen karena skorsing yang artinya baik Valverde maupun Genesio bisa menurunkan kekuatan terbaiknya di laga ini.

Namun kedua tim tetap punya satu atau dua pemain yang kondisinya diragukan untuk main. Dari Barcelona ada nama Thomas Vermaelen dan Ousmane Dembele sedangkan Lyon punya Marcelo. Kabar bagus bagi Lyon hadir ketika mereka sudah bisa menurunkan kapten Nabil Fekir yang absen di leg pertama.

“Ajax dan Manchester United memberi kami inspirasi. Kami akan bermain tanpa rasa takut dan ini akan menjadi partai yang spesial bagi kami,” tandas Fekir.

Perkiraan Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto, Gerard Pique, Samuel Umtiti, Jordi Alba; Sergio Busquets, Ivan Rakitic, Arturo Vidal; Philippe Coutinho, Lionel Messi, Luis Suarez

Lyon (4-2-3-1): Anthony Lopes; Leo Dubois, Marcelo, Jason Denayer, Ferland Mendy; Tanguy Ndombele, Houssem Aouar; Nabil Fekir, Bertrand Traore, Memphis Depay; Moussa Dembele



Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight