Jejak Karier Vidi Aldiano: Musisi hingga Menikah dengan Sheila Dara

Oleh: Yonada Nancy - 15 Januari 2022
Dibaca Normal 1 menit
Jejak karier Vidi telah tercatat sejak 2008 ketika lagu "Nuansa Bening" meledak dipasaran.
tirto.id - Vidi Aldiano merupakan penyanyi solo pria yang populer lewat lagu "Nuansa Bening." Jejak karier Vidi telah tercatat sejak 2008 ketika album musik perdananya rilis.

Kesan penyanyi muda begitu melekat pada sosok Vidi, mengingat ia mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia ketika berusia belasan tahun.

Saat ini, penyanyi Vidi Aldiano resmi melepas status lajangnya, pada Sabtu (15/1/2022). Pria 31 tahun tersebut menikahi tunangannya, Sheila Dara yang juga merupakan aktris muda kenamaan Indonesia.

Melansir Antara, pernikahan Vidi disiarkan langsung melalui kanal YouTube resminya. Pernikahan yang digelar di The Darmawangsa Hotel Jakarta tersebut berlangsung lancar serta menerapkan protokol kesehatan.

Jejak Karier Vidi Aldiano


Vidi Aldiano terjun di industri musik Indonesia sejak bergabung dengan Label Suara Hati pada 2008. Di tahun yang sama, Vidi merilis album musik pertama yang berjudul "Pelangi di Malam Hari."

Sejumlah lagu di albumnya tersebut disukai dan begitu populer di telinga masyarakat Indonesia, termasuk "Nuansa Bening," "Pelangi di Malam Hari," dan "Status Palsu." Tiga album lainnya dirilis beberapa tahun setelahnya, termasuk "Lelaki Pilihan" pada 2009, "Yang Kedua" pada 2011, dan Persona di tahun 2016.

Mengutip Apple Music, pada 2013 Vidi sempat mengeluarkan mini album bertajuk "Dunia Baru." Album tersebut hanya berisi enam lagu dengan salah satu yang paling populer berjudul "Di Bawah Langit Ibu Kota."

Selain Label Suara Hati, Vidi sempat beberapa kali perpindah label, termasuk Trinity Optima Production hingga Sony Music Indonesia. Saat ini, ia memiliki labelnya sendiri bernama VA Records yang dibentuk sejak 2015.

Aktif sebagai penyayi, Vidi menggarap sejumlah proyek gabungan dengan musisi lainnya, seperti Sherina Munaf dalam lagu "Apakah Ku Jatuh Cinta" dan Prilly Latuconsina dalam "Tak Bisa Bersama." Ia juga bekerja sama dengan musisi Andien, Candra Darusman, Be3, dan Nino Ran dalam pembuatan album "Persona."

Pada 2019, ia berkolaborasi dengan Sheryl Sheinafia dan Jevin Julian dalam lagu berjudul "I Don't Mind." Proyek tersebut sukses dan membawa ketiganya memperoleh penghargaan sebagai Kolaborasi Urban Terbaik dalam AMI Awards ke-22.

Ia juga berkolaborasi me-remake lagu lama "Buktikan" bersama penyanyi muda jebolan Indonesia Idol, Tiara Andini. Lagu ciptaan Bemby Noor tersebut merupakan lagu yang sempat populer di tahun 2007 yang kemudian dibawakan ulang oleh Vidi dan Tiara.

Di tahun yang sama, setelah proyek gabungannya dengan Tiara, Vidi mengumumkan kabar mengejutkan kepada publik. Ia menyebutkan harus hiatus selama beberapa bulan dari dunia musik akibat kanker ginjal yang dideritanya. Hal tersebut menyebabkan dirinya harus pulang-pergi dari Indonesia ke Singapura untuk tujuan pengobatan.

Selain kolaborasinya dengan Shery dan Jevin Julian, Vidi juga sempat beberapa kali masuk dalam nominasi AMI. Melansir AMI, Vidi masuk dalam nominasi Artis Solo Pria Terbaik AMI pada 2015, 2017, dan 2018. Pada 2020, nama Vidi kembali muncul dalam nominasi Kolaborasi Terbaik AMI berkat lagu "Ready For Love" bersama Raline Shah dan A.Nayaka.

Vidi Aldiano menikahi aktris Sheila Dara Aisha setelah sebelumnya melangsungkan lamaran pada 2021. Sheila Dara sendiri merupakan aktris muda yang dikenal lewat perannya sebagai Aurora di film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini dan Ayu dalam film Sabtu Bersama Bapak.



Baca juga artikel terkait VIDI ALDIANO atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Musik)

Penulis: Yonada Nancy
Penyelia: Yantina Debora
DarkLight