Jejak Karier Jennie BLACKPINK dari YG Princess hingga Human Chanel

Oleh: Yulaika Ramadhani - 15 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Mengenal Jennie BLACKPINK dan jejak kariernya sebagai idol.
tirto.id - Jennie yang merupakan rapper utama dan lead vocalist girl group BLACKPINK, salah satu idol paling populer yang berada di bawah naungan YG Entertainment. Setelah menjadi trainee selama 6 tahun, Jennie akhirnya debut sebagai member BLACKPINK bersama dengan Jisoo, Lisa dan Rose.

Jennie BLACKPINK sering dijuluki sebagai “YG Princess” karena bakatnya. Ia juga dikenal memiliki kemampuan rap yang luar biasa sejak masih menjadi trainee. Banyak penggemar percaya bahwa dia adalah salah satu rapper perempuan terbaik di industri K-Pop.

Jennie memiliki nama lengkap Jennie Kim, dan lahir di Anyang, Korea Selatan, pada 16 Januari 1996. Jennie sempat pindah ke Auckland, Selandia Baru lalu kembali ke Korea Selatan dan menjadi trainee di YG Entertainment ketika berusia 14 tahun, demikian dikutip South China Morning Post.

Setelah debut bersama BLACKPINK, akhirnya Jennie berhasil menjadi member BLACKPINK pertama yang melakukan debut solo pada November 2018 lalu.

Jennie debut solo dengan single bertajuk “SOLO” pada 12 November 2018 lalu. Bahkan sehari setelah lagu debut miliknya dirilis, Jennie berhasil menduduki tangga lagu Worlwide iTunes nomor 1 mengalahkan Lady Gaga dan Bradley Cooper dengan singlenya berjudul “Shallow”.

The Famous Person menulis, sebelum debut bersama BLACKPINK, Jennie telah memiliki nama berkat kemunculannya dalam video musik milik G-Dragon (GD), salah satu member BIGBANG.

Jennie muncul melalui single GD bertajuk “That XX”. Ia juga menjadi pasangan duet G-Dragon dalam lagu “Black” di tahun 2013.

Selain GD, Jennie juga pernah menjadi pasangan duet dari Lee Hi, solois yang juga berada di bawah naungan YG Entertainment.

Jennie menyanyikan lagu “Special” bersama Lee Hi di tahun 2013. Kemudian, Jennie juga kembali melakukan duet dengan salah satu member BIGBANG lainnya yaitu Seungri melalui lagu “GG Be”.

Jennie juga mendapat julukan “Human Chanel”, hal tersebut dikarenakan selera fashion Jennie yang dinilai bagus, dan mengingat dia yang juga sering memakai brand fashion ternama seperti Chanel, Gucci, Lanvin, dan Givenchy.

Berkat julukan tersebut, baru-baru ini Jennie secara resmi didapuk menjadi Brand Ambassador Chanel. Hal tersebut membuat Jennie sering meghadiri even yang diadakan Chanel, Seperti menghadiri even peluncuran parfum terbaru milik Chanel yang diadakan di Perancis pada Juni 2018 lalu.


Baca juga artikel terkait JENNIE BLACKPINK atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Musik)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Agung DH
DarkLight