Menuju konten utama

Jawara Muda Rayakan Kemenangan Top Creative Minds Indonesia

Jawara Muda merayakan kemenangan Top Creative Minds Indonesia dari berbagai universitas di Indonesia.

Jawara Muda Rayakan Kemenangan Top Creative Minds Indonesia
Jawara Muda. foto/Rilis

tirto.id - Kompetisi kreatif untuk mahasiswa se-Indonesia, Jawara Muda telah menyelesaikan pencarian talenta pemasaran dan komunikasi digital baru dari universitas-universitas terkemuka di Indonesia pada tahun ini.

REDComm Indonesia, sebuah agensi pemasaran digital yang berpengalaman 20 tahun, selaku penyelenggara Jawara Muda tahun ini menyatakan kebanggaanya bisa berkolaborasi dengan platform e-commerce khusus untuk produk-produk kecantikan, Sociolla, serta berbagai institusi ternama seperti Asprodi DKV, Aspikom, Kompas, dan Medio.

“Semua pelaku industri kreatif khususnya periklanan pasti setuju bahwa salah satu tantangan terbesar industri kita adalah talenta yang mumpuni. Jadi, kami ingin menjadi bagian dari solusinya," ujar Damon Hakim, Managing Partner Red Asia Inc melalui keterangan tertulis yang diterima Tirto, Sabtu (15/7/2023).

Dengan Jawara Muda, imbuh Damon, tidak hanya mahasiswa yang mendapatkan langsung pengalaman terlibat dalam projek yang nyata dengan para praktisi senior.

"Industri pun akan mulai mendapatkan talenta baru dan segar, serta secara menyeluruh meningkatkan gairah industri periklanan ke generasi berikutnya,” kata dia.

Saat ini, industri pemasaran kreatif makin berkembang pesat dan dibutuhkan talenta pemasaran kreatif yang mumpuni.

Menurut Occupational Outlook Handbook yang dirilis Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat, pertumbuhan karier di bidang pemasaran secara global akan tumbuh 10% sejak 2020 hingga 2030.

Riset tersebut menyebutkan bahwa banyak talenta yang dipekerjakan oleh agensi-agensi pemasaran/periklanan sampai departemen pemasaran dan branding, sehingga perlu adanya pengembangan bakat oleh berbagai institusi terkait.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk mencari dan mencetak talenta pemasaran kreatif di Indonesia.

Salah satunya, dengan kolaborasi berbagai institusi, baik dari sektor pendidikan maupun sektor pemasaran kreatif seperti kompetisi kreatif mahasiswa Jawara Muda ini.

Jawara Muda

Jawara Muda. foto/Rilis

Kompetisi ini terdiri dari dua kategori, yaitu Creative Brand Campaign dan Graphic & Motion Design yang diikuti oleh lebih dari 200 pasang mahasiswa berbagai perguruan tinggi dari seluruh Indonesia.

Para peserta memberikan antusiasme tinggi untuk menampilkan ide-ide besar mereka di depan para praktisi berpengalaman di bidang pemasaran dan industri kreatif.

Didukung juri yang terdiri dari para ahli berpengalaman dari bidang kreatif, komunikasi, dan pemasaran, serta akademisi, kompetisi ini menjadi ujian keterampilan dan kreativitas yang sesungguhnya untuk mengasah keterampilan mereka di dunia profesional nantinya.

Misalnya, Jawara Muda bisa menjadi platform bagi para finalis untuk menerima pendampingan dan bimbingan yang berharga dari para ahli di bidangnya, membantu mereka menciptakan ide dan kampanye kreatif berkualitas tinggi seperti yang dirancang khusus untuk Sociolla, sebuah platform belanja online untuk produk kecantikan.

Co-Founder & CMO Sociolla Chrisanti Indiana menagatakan, sebagai perusahaan beauty-tech terkemuka di Indonesia, Sociolla selalu mengedepankan inovasi dan kreativitas dalam setiap langkah perjalanannya untuk memberikan pengalaman belanja kecantikan terbaik.

"Kami senang dapat mendukung kompetisi Jawara Muda untuk mengembangkan para talenta muda kreatif Indonesia. Melalui ajang ini, kami berharap dapat semakin memacu kreativitas serta semangat lebih banyak lagi anak muda guna menciptakan berbagai inovasi lainnya untuk memajukan Indonesia,” jelas Chrisanti.

Selain kesempatan untuk bekerja langsung dengan para ahli, para finalis juga berkesempatan untuk mempresentasikan ide mereka kepada khalayak yang lebih luas, termasuk profesional industri, calon pemberi kerja, dan sesama mahasiswa.

Kompetisi ini tidak hanya merayakan kreativitas tetapi juga sebagai platform untuk berjejaring dan menghubungkan individu-individu dalam pemasaran dan industri kreatif.

“Program ini membantu mahasiswa untuk merasakan projek pada dunia kerja sesungguhnya, sehingga mereka bisa mulai terlatih sebelum menyelesaikan kuliahnya. Ditambah dengan supervisi dan panduan dari mentor yang sangat ahli di bidangnya, akan memperkaya pengalaman dan memperdalam cara pikir mereka secara tajam dan sesuai kebutuhan di dunia kerja nyata,” terang Yuwi Anjaya, Managing Director Scarlet Red, Salmon Red, REDComm Indonesia.

Tahun ini, kompetisi Jawara Muda dimenangkan oleh pasangan Grace & Patrick dari Universitas Indonesia untuk kategori Creative Brand Campaign, serta pasangan Anindita & Zhaffira dari Universitas Sebelas Maret untuk kategori Graphic & Motion Design.

Para pemenang mendapatkan hadiah dengan total puluhan juta rupiah, serta kesempatan untuk magang dan pekerjaan tetap langsung selepas masa magang tersebut.

"Kegiatan dan talenta yang luar biasa, serta inspirasi bertemu inovasi. Jawara Muda telah memicu munculnya para mahasiswa brilian yang menciptakan kreativitas dan kesuksesan. Saya juga percaya kegiatan ini akan terus membuka jalan untuk masa depan cerah di ranah agensi digital,” kata Kuswantoro, Managing Director REDComm Indonesia dan Trigr.

Ariani Kusumo Wardhani, Ketua Bidang II – Pengembangan Kerjasama, Asprodi DKV juga menyampaikan terima kasihnya kepada REDComm yang telah menyelenggarakan kompetisi ini.

Terima kasih REDComm atas kolaborasi yang luar biasa antara industri dan akademik dengan tim dan para juri profesional yang luar biasa. Bimbingan yang didapatkan mahasiswa dari para ahli sangat menginspirasi dan menjadi pengalaman berharga untuk bekal untuk terjun di dunia kerja. Semoga kerja sama ini terus berlanjut dan bermanfaat bagi semuanya,” pungkas Ariani.

Baca juga artikel terkait JAWARA MUDA

tirto.id - Gaya hidup
Sumber: Siaran Pers
Penulis: Dhita Koesno
Editor: Iswara N Raditya