Jasa Marga Ungkap Alasan Mundurnya One Way Arus Balik Lebaran 2019

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 7 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pemberlakuan one way hari pertama arus balik Lebaran 2019 mundur dua jam lima menit dari yang telah direncanakan sebelumnya.
tirto.id - Jadwal pemberlakuan one way (satu arah) arus balik Lebaran 2019 mengalami sedikit kemunduran. Semula, one way dijadwalkan pada Jumat (7/6/2019) mulai pukul 12.00 WIB, namun baru diterapkan sejak pukul 14.05 WIB. Corporate Communications Department Head PT Jasa Marga, Irra Susiyanti, mengungkapkan alasannya.

"Pemberlakuan one way hari pertama pada periode arus balik Lebaran 2019 ini mundur dua jam lima menit dari yang telah direncanakan sebelumnya [pukul 12.00 WIB]," ungkap Irra Susiyanti.

Mundurnya waktu pemberlakuan one way, kata Irra, disebabkan karena sebagian besar pengguna jalan masih memanfaatkan rest area di jalur arah Cikampek pada jam salat Jumat. Dengan demikian, pembersihan (sweeping) jalan baru bisa dilakukan setelah itu.

Atas diskresi Kepolisian, Jasa Marga memberlakukan rekayasa lalu lintas one way arus balik Lebaran 2019 dari arah timur ke arah Jakarta dengan titik awal Kilometer 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung di Jawa Tengah sampai dengan Kilometer 70 GT Cikampek Utama.

Alasan mundurnya jadwal one way arus balik juga diungkapkan oleh Kepala Koprs Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen. Pol. Refdi Andri.

“Setelah memantau situasi dari udara menggunakan heli dan mengamati pergerakan arus kendaraan dari timur ke barat maupun sebaliknya serta memberikan kesempatan para pemudik yang melaksanakan salat Jumat di rest area, maka siang ini one way dilepas pada 14.00 WIB,” paparnya.


Refdi menambahkan, one way sepanjang 344 kilometer untuk arus balik Lebaran 2019 akan diterapkan mulai hari ini hingga 10 Juni 2019 mendatang. “Mudah-mudahan apa yang kita lakukan berjalan dengan lancar. Pemberlakuan one way ini sudah didukung mitra terkait, baik berkaitan dengan hari, tanggal, dan jam.”

Kakorlantas mengimbau kepada masyarakat agar mempersiapkan kendaraan dengan baik, termasuk bahan bakar, dalam melakukan perjalanan balik. Para pemakai jalan juga diharapkan tidak berlama-lama berhenti di rest area untuk menghindari penumpukan keramaian.

Baca juga artikel terkait ARUS BALIK LEBARAN 2019 atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight