Jasa Marga Umumkan Tarif Tol Jakarta-Surabaya Sebesar Rp351.500

Oleh: Damianus Andreas - 18 Mei 2018
Dibaca Normal 1 menit
Tarif tol Jakarta-Surabaya sebesar Rp351.500, ditetapkan berdasarkan data tarif ruas jalan tol yang telah beroperasi dan dikelola oleh Jasa Marga.
tirto.id - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengumumkan tarif tol Trans Jawa untuk ruas Jakarta-Surabaya adalah sebesar Rp351.500. Adapun perhitungan tarif tersebut dimulai dari ruas Tol Jakarta-Cikampek hingga ruas Tol Surabaya-Gempol dan Kejapanan-Gempol.

“Perhitungan berdasarkan data tarif ruas jalan tol yang telah beroperasi dan dikelola oleh Jasa Marga dan kelompok usahanya, serta informasi dari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT),” ujar Corporate Secretary Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangan resminya pada Jumat (18/5/2018).

Dwimawan menyebutkan, masih ada beberapa ruas jalan tol yang dalam tahap uji laik fungsi dan juga masih dalam tahap konstruksi. Oleh karena itu, besaran tarifnya pun belum ditentukan.

Setidaknya ada tiga hal yang menjadi dasar perhitungan untuk menentukan tarif tol suatu ruas. Ketiga hal itu ialah kemampuan bayar pengguna jalan, besar keuntungan biaya operasi kendaraan (BKBOK), serta kelayakan investasi.

Adapun hal-hal tersebut sebagaimana tertera pada Pasal 48 ayat (1) Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan.

Sebagai rinciannya, tarif resmi jalan Tol Trans Jawa untuk jarak terjauh yang dikenakan bagi kendaraan golongan I ialah sebagai berikut:

· Merak-Cikupa: Rp41.000
· Cikupa-SS Tomang: Rp7.000
· Jakarta-Cikampek: Rp15.000
· Cikopo-Palimanan: Rp102.000
· Palimanan-Kanci: Rp12.000
· Kanci-Pejagan: Rp24.000
· Pejagan-Pemalang (Brebes Timur): Rp20.000
· Brebes Timur-Pemalang: uji laik fungsi
· Pemalang-Batang: tahap konstruksi
· Batang-Semarang: tahap konstruksi
· Semarang (Jatingaleh-Krapyak dan Jatingaleh-Srondol): Rp5.000
· Semarang-Solo (Salatiga): Rp32.000
· Salatiga-Solo (Kartasura): tahap konstruksi
· Solo-Ngawi: uji laik fungsi
· Ngawi-Kertosono (Wilangan): Rp52.000
· Wilangan-Kertosono: tahap konstruksi
· Kertosono-Mojokerto: Rp46.000
· Mojokerto-Surabaya: Rp36.000
· Surabaya-Gempol dan Kejapanan-Gempol: Rp7.500
· Gempol-Rembang: Rp14.500
· Rembang-Pasuruan: tahap konstruksi
· Pasuruan-Grati: tahap konstruksi
· Pasuruan-Probolinggo: tahap konstruksi
· Probolinggo-Banyuwangi: tahap pembebasan lahan

Sebelumnya, Tirto pernah menghitung biaya tarif tol, apabila hendak mudik melalui jalur tol dari Jakarta ke Surabaya. Hasilnya, tarif tol yang diumumkan Jasa Marga ini ternyata menyusut hampir dua kali lipat.


Berdasarkan perhitungan yang dilakukan pada Maret 2018 lalu, Tirto menghitung biaya perjalanan dari Gerbang Tol Cikarang Utama hingga Krian, Jawa Timur.

Dari jalan tol yang memiliki jarak tempuh sekitar 729 kilometer itu, biaya yang dibutuhkan untuk jalan tol saja mencapai Rp664.100.

Adapun perhitungan tersebut sifatnya perkiraan, serta mengasumsikan bahwa seluruh ruas tol beroperasi dengan tarif yang berkisar Rp1.000-Rp1.300 per kilometernya.

Apabila ditambah dengan biaya bensin, berdasarkan perhitungan yang dilakukan Tirto, akumulasi total biayanya mencapai kisaran Rp916.000 hingga Rp1,12 juta.

Meski ada selisih karena ada sejumlah ruas tol yang masih dalam proses uji laik fungsi dan berada pada tahap konstruksi, namun mudik dengan kendaraan roda empat tetap akan lebih efisien apabila mengangkut penumpang tak hanya satu orang.


Baca juga artikel terkait TARIF TOL atau tulisan menarik lainnya Damianus Andreas
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Damianus Andreas
Penulis: Damianus Andreas
Editor: Yandri Daniel Damaledo
a