Jasa Marga Prediksi 79.360 Kendaraan Melintasi GT Cikampek Hari Ini

Oleh: Andrian Pratama Taher - 8 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jasa Marga memprediksi pada hari ini atau H+2 arus balik Lebaran 2019 sebanyak 79.360 kendaraan masih akan memasuki Jakarta melalui GT Cikampek Utama.
tirto.id - PT Jasa Marga mencatat sekitar 73.848 kendaraan memasuki Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada H+1 arus balik Lebaran, Jumat (7/6/2019). Jumlah ini pun diprediksi akan meningkat di hari ini hingga 79 ribu kendaraan.

"Jasa Marga memprediksi pada hari ini (H+2 arus balik Lebaran 2019) sebanyak 79.360 kendaraan masih akan memasuki Jakarta melalui GT Cikampek Utama, atau meningkat 197 persen dari volume lalin normal, 26.705 kendaraan," kata Corporate Communication Department Head
PT Jasa Marga Irra Susiyanti dalam keterangan tertulis, Sabtu (8/6).

Irra mengatakan, salah satu faktor kenaikan volume lalu lintas pada H+1 arus balik Lebaran karena kemarin merupakan hari terakhir kendaraan berat melintas di jalan tol sebelum pembatasan kendaraan angkutan barang non-BBM dan sembako berlaku sesuai dengan Permenhub No. 37 Tahun 2019.

Selain itu, Jasa Marga juga memberlakukan one way (satu arah) ke arah Barat untuk menangani tingginya pemudik yang kembali ke Jakarta. Dalam rekayasa Sabtu sore, Jasa Marga memberlakukan one way dari Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang Semarang sampai dengan Km 70 GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek sejak pukul 13.25 WIB.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan yang akan menggunakan jalur one way agar terus memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan.

Irra pun meminta pemudik memastikan kondisi pengendara dan kendaraan dalam keadaan prima, serta menjaga jarak aman kendaraan dan memastikan kecukupan saldo uang elektronik.



Baca juga artikel terkait MUDIK LEBARAN 2019 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight