Jalur Nagreg Padat, Kendaraan ke Jakarta Diarahkan ke Tol Cipali

Oleh: Hendra Friana - 9 Juni 2019
untuk mengurangi kemacetan, sistem buka tutup dan one way telah diterapkan di jalur Limbangan dan Jalur Kadungora, Kabupaten Garut.
tirto.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi puncak arus balik lebaran 2019 dari Jawa Tengah melalui jalur Selatan, Nagreg, Jawa Barat, akan terjadi pada Minggu (9/6/2019). Sebagian kendaraan yang menuju Jakarta melalui Ciamis diarahkan menuju tol Cipali.

Menurut Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, untuk mengurangi kemacetan, sistem buka tutup dan one way telah diterapkan di jalur Limbangan dan Jalur Kadungora, Kabupaten Garut.

Di samping itu, kata dia, kendaraan dari Jawa Tengah menuju Bandung dan Jakarta melalui Ciamis juga diarahkan menuju tol Cipali melalui jalur alternatif utara Ciamis, Kuningan, Majalengka, dan Cirebon
"Yang jelas, dari Polda Jabar dan Polres Garut sudah melakukan upaya-upaya mulai dari contra flow, dibuka-tutup dan sebagainya. Tapi itu situasional. kalau sudah lancar dibuka lagi," tutur Budi saat dihubungi Tirto, Minggu (9/6/2019).
Kepala satuan Lalu Lintas Polres Bandung, AKP Hasby Ristama, menjelaskan bahwa jalur selatan Limbangan, mulai dari Ciawi, Tasikmalaya, hingga Malangbong, Kabupaten Garut, pada Minggu (9/6/2019) terpantau padat merayap.
Antrean kendaraan terjadi cukup panjang sehingga kendaraan hanya mampu melaju dengan kecepatan maksimal 10 kilometer perjam. Sementara di jalur Kadungora, kemacetan mengular mulai dari Nagreg, Lebakjero hingga Leles karena menumpuknya kendaraan dari Bandung menuju Garut.
Karena itulah, kata dia, sistem buka tutup masih akan terus dilakukan dari Garut menuju Bandung.

"Karena
sebagian besar pemudik akan melakukan perjalanan pulang pada hari ini," tuturnya melalui pesan singkat.



Baca juga artikel terkait MUDIK LEBARAN 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight