Menuju konten utama

Jalur LRT Jabodebek Cawang-Cibubur Sudah Tersambung

Pembangunan kereta LRT Jabodebek 2 longspan alias bentang panjang di Lintas Pelayanan 1 Cawang-Cibubur sudah selesai.

Jalur LRT Jabodebek Cawang-Cibubur Sudah Tersambung
Sejumlah kendaraan melintas di bawah konstruksi jalur LRT Jabodebek rute Cawang-Cibubur di Jakarta Timur, Selasa (5/3/2019). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.

tirto.id - Pembangunan kereta ringan Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek 2 longspan alias bentang panjang di Lintas Pelayanan 1 Cawang-Cibubur sudah selesai.

Longspan ini membentang dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) ke Cililitan kemudian disambung ke longspan di Lintas Pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas yaitu longspan koko.

Corporate Secretary PT Adhi Karya (Persero) Tbk Ki Syahgolang Permata menjelaskan, pihaknya sudah berhasil menyelesaikan bagian tersebut.

"Dengan telah selesainya pembangunan longspan tersebut, maka secara struktur, proyek LRT Jabodebek Lintas Pelayanan 1 yang terbentang sepanjang 14,89 km dari Cibubur hingga Cawang telah tersambung," jelas Syahgolang, di Jakarta, Jumat (29/3/2019).

Menurutnya, longspan closure atau pengecoran terakhir longspan dilakukan secara serentak dari ketiga titik, yaitu JORR, Cililitan dan Cikoko. Longspan JORR melintas di atas Jalan Tol JORR, Jalan Dukuh dan Jalan Tol Jagorawi dengan struktur u-box girder.

"Longspan JORR memiliki panjang 54-90-54 meter yang merupakan longspan u-box girder terpanjang di dunia," papar dia.

Sementara longspan Cililitan, ujarnya, melintas di atas Jalan Tol Jagorawi dengan panjang 54-90-54 meter dengan struktur box girder.

Lalu, longspan Cikoko yang merupakan bagian dari Lintas Pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, membentang di atas jalur KRL di dekat Stasiun Cawang dan Jalan Cikoko Barat dengan panjang 54-90-54 meter dan struktur box girder.

"Hingga saat ini progres pekerjaan LRT Jabodebek per 22 Maret 2019, secara keseluruhan rata-rata mencapai 59,64 persen dengan rincian progres untuk Lintas Pelayanan 1 Cawang-Cibubur sebesar 7969 persen, lintas Pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas sebesar 47,95 persen dan Lintas Pelayanan 3 Cawang-Bekasi Timur sebesar 53,84 persen," jelas Sayhgolang.

Pekerjaan pada Lintas Pelayanan 1 direncanakan akan selesai paling awal dan akan menjadi sarana uji coba trainset dari kereta LRT Jabodebek yang merupakan produk dari PT Inka (Persero) dengan target kedatangan pada akhir 2019.

Baca juga artikel terkait PROYEK LRT atau tulisan lainnya dari Selfie Miftahul Jannah

tirto.id - Sosial budaya
Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno